Home » News » Nasional » Anies Umumkan Daftar 1.293 Mobil Mewah Belum Bayar Pajak di Jakarta
Nasional

Anies Umumkan Daftar 1.293 Mobil Mewah Belum Bayar Pajak di Jakarta

Pasar mobil mewah di Indonesia terbilang cukup besar. Terlihat banyaknya pengusaha, artis dan banyak orang kaya mengendarai mobil mewah di jalanan. Meski begitu ternyata tidak hanya kendaraan dengan harga murah saja yang lalai tidak membayar pajak, banyak pemilik mobil mewah yang juga tidak membayar pajak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyesal karena banyaknya mobil mewah seharga di atas Rp 1 miliar menunggak pajak. Anies berpendapat bahwa para pemilik mobil mewah itu sebenarnya mampu untuk membayar pajak kendaraan mereka, namun tidak memiliki kesadaran untuk membayarnya.

“Saya sendiri rasanya miris melihat kendaraan-kendaraan semewah ini di kota Jakarta, sementara pajaknya belum dilunasi,” ujar Anies.

Anies sendiri mengumumkan sejumlah mobil mewah di Jakarta yang menunggak pajak. Disampaikan terdapat 1.293 unit mobil mewah yang menunggak pajak. Dengan 744 unit merupakan mobil atas nama pribadi dan sisanya 549 mobil atas nama badan.

Tunggakan pajak tiap mobil mewah itu juga berbeda-beda, mulai dari puluhan juga hingga ratusan juta. Contohnya, unit Ferrari California yang dinilai memiliki harga jual Rp 4,25 miliar memiliki tunggakan pajak mencapai Rp 100 juta.

Untuk seluruh mobil mewah atas nama pribadi, nilai tunggakan pajak yang belum dibayarkan sebanyak Rp 26,1 miliar dengan nilai total tunggakan pajak mobil mewah senilai 44,9 miliar.