Suzuki Swift 2018 Terbaru Meluncur Awal Bulan Depan

Pabrikan mobil berlogo “S”, Suzuki akan meluncurkan city car Suzuki Swift terbaru pada awal bulan depan di Thailand. Dilaporkan salah satu situs otomotif di Thailand, Headlightmag, generasi keempat hatchback segmen B ini hadir menyusul versi baru Suzuki Swift Sport yang sudah muncul terlebih dahulu pada bulan September 2017 lalu.

Pada pasar Thailand, Suzuki Swift 2018 sendiri masuk pada kategori Phase 2 Eco Car dengan banderol harga yang terjangkau dan hemat bahan bakar. Versi baru Swift hadir dengan dapur pacu mesin 1.0 liter Boosterjet triple, tapi untuk pasar Thailand menggunakan versi mesin yang berbeda, 1.2 liter empat silinder Dualjet dalam rangka menyesuaikan mobil sebagai produk dalam kategori Eco Car yang irit bahan bakar.

Jantung pacu mesin twin-injector K12C 1.2L ini akan bekerja tanpa integrated starter generator (ISG) seperti varian mild hybrid di Jepang dan ini tentu saja dikarenakan harga karena di Thailand, mobil masuk pada segmen eco car. Mesin K12C pada Suzuki Swift 2018 untuk pasar Thailand memiliki tenaga hingga 91 hp dan torsi 118 Nm, jumlah tenaga yang sama dengan mesin K12B yang saat ini masih dijual di Thailand.

Meski begitu, mesin baru ini seharusnya memiliki kehematan bahan bakar lebih dan lebih hijau untuk memenuhi standar Eco Car Phase 2 pada konsumsi BBM 23,3 km per liter dan emisi CO2 199 gram per km. Penggunaan platform baru Heartect yang lebih kokoh dan ringan akan membantunya tercapainya hal tersebut, karena versi pasar Jepang, mobil memiliki bobot yang lebih ringan dari 30 kg hingga 160 kg.

Pada segmen mobil eco sebagai produk entry level di Thailand, Swift memiliki beberapa pesaing, seperti Nissan Note eco car yang diluncurkan pada awal tahun juga mengandalkan mesin 1.2L NA dan Toyota Yaris.

Untuk pasar Indonesia sendiri, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sayangnya tidak lagi memasarkan Suzuki Swift padahal sebelumnya mobil ini sendiri menjadi salah satu produk yang cukup laris bersaing dengan Yaris, Jazz, dan Mazda2. Posisi Suzuki Swift di Indonesia sendiri bisa dibilang digantikan oleh Suzuki Ignis sebagai mobil kota dengan ukuran kecil yang lincah dan irit bahan bakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here