Mobil Baru 2018 GIIAS 2017

Menghadapi awal tahun 2018, para produsen mobil tentu saja menyiapkan berbagai produk yang akan dihadirkan di Indonesia. Sebelum kehadiran berbagai mobil baru 2018, sejumlah produsen telah mengkonfirmasi beberapa produk baru atau model yang mendapat penyegaran.

Apa saja produk mobil baru pada tahun 2018 ini? Kami telah merangkum dari berbagai keterangan agen pemegang merek (APM) mobil mengenai mobil baru yang kemungkinan diluncurkan tahun 2018.

Wuling City Car

Pendatang baru asal China, Wuling Motors akan kembali menghadirkan produk baru di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2018 ini. Setelah pada tahun 2017 lalu meluncurkan mobil low MPV pesaing dari Toyota Avanza, Wuling Confero. Meneruskan produk keduanya, mobil MPV Wuling Cortez, mereka akan meluncurkan city car atau mobil kota.

Pada pertengahan bulan Desember 2017 yang lalu Wuling telah meluncurkan produk MPV pesaing dari Toyota Innova, Wuling Cortez yang dihadirkan lebih cepat dari yang dijadwalkan sebelumnya. Sedangkan produk ketiga mereka, model city car untuk saat ini masih belum diketahui kapan jadwal peluncurannya.

Meski begitu, Wuling telah mengatakan bahwa mobil city car mereka akan diproduksi secara lokal dan untuk saat ini model masih dalam tahap pengujian di jalan raya.

Sokon Glory 580

Mobil baru 2018 selanjutnya masih datang dari China, Sokon Glory 580. Mobil ini sebelumnya telah dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung pada bulan Agustus lalu. Namun hanya sebatas dipamerkan karena produk masih memiliki konfigurasi setir sebelah kiri. Namun untuk produk yang akan dipasarkan di Indonesia nanti akan menjadi produk bersetir kanan. Produksi mobil SUV ini juga sudah mulai dilaksanakan pada bulan November yang lalu.

Baca  Suzuki Membedah All New Ertiga di IIMS 2018

Mobil SUV Sokon Glory 580 ini akan menggunakan mesin turbo 1.5 liter dan pilihan lain mesin 1.8 liter natural aspirated.

Alexander Barus, CO-CEO Sokonindo mengatakan, Glory 580 siap dipasarkan pada Februari atau awal-awal 2018 mendatang.

“Soal SUV ini mungkin saja pada awal 2018 kami bisa mulai masuk pasar atau di Februari. Namun, masih terbatas terlebih dahulu untuk wilayah Jabodetabek,” ujar Alexander.

Bacar Juga : 5 Mobil Bekas Terbaik Harga di Bawah Rp 70 juta di 2018

Suzuki Ertiga

Pada tahun 2018 ini, Suzuki Indomobil Sales (SIS) dikabarkan akan menghadirkan produk andalan mereka di segmen MPV, generasi baru Suzuki Ertiga. Memang kabar kelahiran versi baru mobil MPV Suzuki Ertiga sudah cukup lama terderngar, bahkan juga tersebar foto render penampakannya nanti.

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W Donny Saputra, menjelaskan akan meluncurkan All New Ertiga. “Rencananya seperti itu, semester pertama tahun depan kita inginnya meluncurkan Ertiga terbaru,” kata Donny pada sekitar September 2017.

Toyota Yaris

Dalam menarik pelanggan, Toyota terus melakukan penyegaran pada berbagai produk mereka, salah satunya adalah hatchback andalan mereka, Toyota Yaris. Versi baru mobil yang banyak digemari oleh anak muda ini dikabarkan akan hadir pada awal tahun 2018 ini, antara Februari dan Maret.

“Awal tahun, antara Februari atau Maret 2018. Tepatnya belum bisa dipastikan,” kata salah satu sumber.

Versi baru Toyota Yaris 2018 sudah terlebih dahulu meluncur di Thailand pada bulan September yang lalu. Hadir dengan banyak ubahan, mulai dari tampilan eksterior hingga dapur pacu. Pada sisi tampilan, kini menggunakan aplikasi headlamp lampu proyektor yang menggunakan LED, termasuk pada foglamp dan stoplamp. Mengenai spesifikasi mesin sendiri, menggunakan tipe baru 3NR-FE Dual VVT-I berkapasitas 1.2 liter.

Baca  Suzuki Siapkan Motor Baru Dengan Mesin All New Satria F150

Toyota Sienta Hybrid

Mobil baru 2018 selanjutnya masih dari Toyota, yaitu versi lebih ramah lingkungan dari mobil MPV Toyota Sienta Hybrid. Tampang Toyota Sienta Hybrid ini sebelumnya telah terlihat tengah dibawa oleh truk di jalan raya. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga tidak mengelak bahwa mereka pernah melakukan pengujian pada mobil MPV itu.

Sedangkan PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek (APM) sendiri juga pernah menyatakan ketertarikannya untuk memboyong mobil MPV 7 penumpang itu di Indonesia.

Sebelumnya pada pertengahan Desember 2017 lalu, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM mengatakan bahwa mereka masih belum bisa memtusukan, hal ini karena masih menunggu peraturan pemerintah bertajuk Low Carbon Emmision Vehicle ( LCEV). Bila regulasi LCEV dari pemerintah itu dianggap menguntungkan, besar kemungkinan model akan dipasarkan di Tanah Air.

Mobil Listrik BMW i3

Pabrikan mobil premium asal Jerman, BMW pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus lalu memamerkan mobil listrik mereka, BMW i3. Pada saat itu pabrikan yang bermarkas di Munich itu hanya sebatas perkenalan saja, belum untuk dijual. Tapi tidak menutup kemungkinan pada tahun 2018 ini BMW Group Indonesia akan memasarkannya di Indonesia dan melengkapi jajaran produk divisi I menemani mobil sport BMW i8 yang sudah dipasarkan lebih dulu.

Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia sendiri sebelumnya tidak menampik pihaknya akan memasarkan BMW i3 di Tanah air, namun dia tidak menyebut kapan peluncuran akan berlangsung.

Itulah beberapa informasi mengenai mobil baru 2018 yang bakal atau memiliki potensi besar meluncur di pasar otomotif Indonesia tahun ini.