Toyota Kijang Innova MPV Bisa Miliki Pesaing Baru dari Proton

Produk MPV andalan Toyota, Kijang Innova akan memiliki pesaing baru dari China, Wuling Cortez. Ternyata potensi pesaing baru itu tidak hanya datang dari negeri tirai bambu saja, namun juga dari negara tetangga, Malaysia. Merek mobil asal Malaysia, Proton juga memiliki beberapa produk MPV, salah satunya adalah Proton Exora.

Merek proton sendiri pada bulan Mei 2017 yang lalu resmi dibeli pabrikan mobil asal China, Geely. Pada saat itu resmi diumumkan bahwa Geely membeli 49,9 persen saham Proton.

Berada di bawah merek Geely, Proton dikabarkan akan menghadirkan versi baru Exora. Mobil MPV itu akan dibuat dengan basis dari Geely VF11 yang akan dipasarkan di Malaysia di bawah emblem Proton.

Memperkuat kabar tersebut, tersebar juga foto penampakan Geely VF11 di China. Bila Proton yang semakin redup di pasar otomotif Tanah Air ingin mencoba kembali segmen MPV, maka kemungkinan besar mereka akan menghadirkan Exora baru yang berbasis Geely VF11 untuk bersaing melawan Toyoota Kijang Innova dan Wuling Cortez.

Terkait spesifikasi, mobil MPV ini hadir dengan mesin tipe bensin berkapasitas 1.800 cc turbo dan 2.000 cc yang menggunakan teknologi Geely G-Power. Geely VF11 iini akan dipasarkan di China pada 2018 mendatang.

Kemungkinan re-badge MPV Proton Exora ini makin kuat setelah melihat pergerakan merek mobil asal Malaysia itu yang juga melakukannya pada mobil SUV Geely Boyue.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here