Honda Jazz dan Toyota Yaris Perebutkan Tahta Hatchback Terlaris 2017

Jakarta – Hatchback di Indonesia merupakan salah satu segmen yang diminati oleh masyarakat yang membuat para produsen mobil berlomba menghadirkan produk terbaik di kelasnya. Segmen yang didominasi oleh Honda Jazz dan Toyota Yaris ini sedikit-demi sedikit mulai digerus oleh berbagai produk pesaing yang makin banyak.

Salah satu pesaing Jazz dan Yaris adalah Suzuki Baleno hatchback. Meski belum lama hadir di pasar otomotif Tanah Air, produk dari pabrikan berlogo ‘S’ itu menunjukkan angka penjualan yang baik, bahkan pada beberapa bulan terakhir ini berhasil mengalahkan penjualan mobil Toyota Yaris.

Dari data penjualan wholesales (diler ke pabrik) berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-November 2017 sendiri, Honda Jazz tercatat sebagai mobil hatchback terlaris.

Pada 11 bulan penjualan itu, Jazz tercatat dibeli sebanyak 15.073 unit. Angka penjualan itu mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan penjualan sebanyak 17.337 unit.

Mobil hatchback terlaris kedua di Indonesia adalah Toyota Yaris. Hatchback andalan Toyota ini terjual total 10.160 unit. Sama seperti kompetitornya, Jazz, Yaris juga mengalami penurunan penjualan dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 14.489 unit.

Pendatang baru, Suzuki Baleno langsung menjadi produk terlaris ketiga dengan total penjualan selama lima bulan (Juli-November) 2017 sebanyak 2.140 unit. Sedangkan produk hatchback terlaris keempat setelah Baleno adalah Honda Civic hatchback yang terjual sebanyak 1.450 unit selama enam bulan penjualan di 2017. Melengkapi posisi lima besar Mazda2 mencatatkan penjualan total sebanyak 1.273 unit. Angka penjualan Mazda2 itu mengalami penurunan tajam dibanding tahun lalu sebanyak 2.581 unit.

Dua produk hatchback lain, Kia Rio membukukan penjualan total 14 unit sepanjang 11 bulan terakhir tahun ini dan VW Polo dengan 384 unit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here