Honda Brio 2018 Harga dan Spesifikasi

New Honda Brio 2018 Harga dan Spesifikasi

Salah satu produk city car yang dipasarkan Honda di Indonesia, Brio. Mobil berjenis hatchback subkompak 5 pintu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 di Thailand. Untuk pasar Indonesia sendiri, Honda meluncurkan Brio pada Agustus 2012. Pada pertama kali hadir di Tanah Air, Honda Brio dipasarkan dengan banderol harga antara Rp 149 juta hingga Rp 170 juta.

Menghadapi hadirnya segmen baru LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah, Honda menghadirkan versi baru Brio yang bernama Brio Satya pada Agustus 2013 yang juga diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal mencapai 80 %.

Dan saat ini versi baru Honda New Brio ditawarkan dengan banderol harga yang tidak jauh berbeda dengan harga peluncurannya dulu, Rp 131 juta – 178 juta.

Honda Brio ditawarkan dalam 8 pilihan warna eksterior, diantaranya adalah; Crystal Black Pearl (hitam), Phoenix Orange Pearl (Orange), Taffeta White (putih), Passion Red Pearl (merah), Brilliant Sporty Blue Metallic (biru), Lunar Silver Metallic (silver), Rallye Red (merah) dan Modern Steel Metallic (abu-abu).

Overview

Penamaan Brio sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya ceria dan bersemangat. Penamaan ini bisa dibilang sejalan dengan konsep mobil yang ditargetkan untuk kalangan muda yang ceria dan bersemangat dalam menjalankan setiap aktifitas yang dilakukan.

Memiliki ukuran yang bisa dibilang kecil, mobil subkompak Honda Brio ini cocok digunakan pada perkotaan yang padat dan juga jalanan yang kecil. Tidak hanya itu, dalam membuat eksterior desain yang menarik, Honda menghadirkan Brio dengan gaya yang stylish untuk menggaet para konsumen pemilik mobil anak muda yang ingin tampil trendi.

Versi terbaru Honda Brio ditawarkan dalam lima pilihan varian yang tiga diantaranya berada di segmen mobil murah atau LCGC dan dua di segmen hatchback mobil kecil, diantaranya adalah; Honda Brio Satya S M/T, Honda Brio Satya E M/T, Honda Brio Satya E A/T, Honda Brio RS M/T, Honda Brio RS A/T,

Pada sisi permesinan sendiri, Honda menyematkan mesin bensin 1.2 liter yang mampu untuk menyemburkan tenaga hingga 89 HP. Tenaga ini dianggap sudah cukup mumpuni untuk digunakan pada mobil sekelas Brio yang kecil dan lincah dengan ukuran dimensi Panjang 3.610 milimeter (142 in), Lebar 1.680 milimeter (66 in), Tinggi 1.470 milimeter dan sumbu roda atau wheelbase 2.345 milimeter (92,3 in). Dan terkait harga sendiri, pabrikan mobil asal Jepang menawarkan Brio mulai Rp. 131,5 Juta untuk varian paling bawah Satya S M/T, sementara varian tertinggi RS A/T dihargai Rp. 178 Juta.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Honda Brio secara lengkap, bisa membaca informasi tentang Harga Honda Brio dan Spesifikasi di bawah ini,

Spesifikasi Honda Brio

Honda Brio 2018 Harga dan Spesifikasi
Mesin
Brio Satya S
Tipe 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Diameter x Langkah 73,0mm x 71,6mm
Isi Silinder 1199
Perbandingan Kompresi 10,1:1
Daya Maksimum 90PS / 6.000rpm
Momen Puntir Maksimum 110Nm / 4.800rpm
Dimensi / Ukuran
Brio Satya S
Panjang x Lebar x Tinggi 3.640mm x 1.680mm x 1.485mm
Jarak Sumbu Roda 2.345mm
Jarak Pijak Depan/Belakang 1.480mm / 1.465mm
Kapasitas Tangki 35L
Transmisi
Brio Satya S
Tipe 5MT
Ban
Brio Satya S
Ban 185/65 R14
Velg Alloy Wheel 14″
System Kemudi
  • Sistem : Rack & Pinion with Electric Power Stering (EPS)
  • Tilt & Teleskopic Steering :  All Type
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Suspensi Depan : MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang : H-Shape Torsion Beam
  • Rem Depan : Ventilated disc
  • Rem Belakang : Drum
  • Ukuran Ban : 175 / 65 R14
  • Velg : Steel Wheel Brio Satya A, Brio Satya S 14″, Alloy Wheel 14″ Brio E A/T
Eksterior
  • Front lamp : Halogen Headlight
  • Fog lamp : Halogen Headlight untuk type brio E dan brio E A/T
  • Door Mirror : Black color
  • Door Handle :Black color
Interior
  • Audio : Single DIN AM/FM Radio, Single Disc MP3?WMA + USB Port + AUX Input untuk type Brio Satya A, S, E Dan Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD Player + USB port + AUX input + Made for iPhone + Bluetooth ready untuk type Brio S A/T dan Brio E A/T
Fitur Keselamatan / Keamanan
  • Struktur kerangka body : G-CON + ACE
  • Side Impact Baem : All Type
  • Padestrian Protection : All Type
  • Dual Front Air bags : All Type
  • Sabuk keselamatan depan : Seatbelt 3P ELR (x2) all Type
  • Sabuk Keselamatan belakang : Seatbelt 3P ELR (x2) all Type
  • Pretensioner with load Limiter Seatbelt : All type
  • Key Type : Wave Key All type
  • Keyless entry : Untuk Brio S A/T dan Brio E A/T
  • Alarm System : Untuk Brio S A/T dan Brio E A/T

Eksterior Honda Brio

Setelah melihat data informasi mengenai spesifikasi Honda Brio, kini kita beralih membahas mengenai eksterior mobil, mulai dari desain, dimensi maupun berbagai fitur yang ada.

Mobil kecil Honda Brio meski ditargetkan untuk anak muda dengan kapasitas angkut lima penumpang, hadir dengan ukuran dimensi yang membuatnya makin lincah digunakan dijalanan yang macet maupun padat. Kelincahan Honda Brio ini dikarenakan dimensi yang dimiliki dengan panjang 3.610 mm, lebar keseluruhan 1.680 mm dan memiliki tinggi 1.485 mm. Sudut putar yang dimiliki juga mumpuni dengan panjang sumbu roda 2.345 mm.

Dalam memikat konsumen, Honda juga menawarkan beragam pilihan warna eksterior hingga 8 pilihan warna, diantaranya adalah Crystal Black Pearl (hitam), Phoenix Orange Pearl (Orange), Taffeta White (putih), Passion Red Pearl (merah), Brilliant Sporty Blue Metallic (biru), Lunar Silver Metallic (silver), Rallye Red (merah) dan Modern Steel Metallic (abu-abu).

Selain beragam pilihan warna yang ditawarkan, Honda juga membuat mobil ini memiliki daya tarik desain eksterior yang stylish sesuai dengan keinginan kalangan muda sebagai target pasar yang dituju. Dilihat pada bagian depan, mobil hatchback terlihat makin stylish. Memiliki desain fog lamps terbaru yang membuat yang memberikan kesan lebih bergaya selain fungsi yang dimiliki sebagai pencahayaan bila berkendara di jalanan dengan pencahayaan matahari yang kurang bisa dikarenakan oleh kabut ataupun kondisi mendung dan hujan. Pada bagian belakang juga memiliki rear wiper yang berguna untuk memastikan penglihatan pada bagian belakang lebih jelas pada kondisi hujan. Tentu saja berbagai bagian itu dibuat dan ditempatkan yang didesain lebih trendi dan makin stylish.

Pada situs resmi Honda Indonesia sendiri bahkan mengatakan bahwa Honda Brio terbaru hadir dengan tagline baru, Driving 2 Excitement yang semakin “Tampil semakin seru dengan seri terbaru Honda Brio, bagi kamu yang bergaya sporty, Honda Brio RS pilihannya, jika kamu mengutamakan kenyamanan mobil berteknologi tinggi dengan harga terjangkau, Honda Brio Satya andalannya.”

Pada bagian eksterior Honda Brio Satya yang diunggulkan oleh pabrikan mobil asal Jepang itu diantaranya adalah Heat Rejecting Green Tinted Glass untuk menjaga keteduhan kabin dengan kaca mobil yang mampu mengurangi sinar UV dari matahari, desain baru pelek alloy 14 inci yang tampil semakin cool, New Rear Combi Lamp Design tetap eye-catching dari belakang dengan desain baru Rear Combi Lamp yang modern, New Front Grille dan Bumper DESIGN perlihatkan gaya cool Kamu dengan desain bumper dan grille baru yang menyatu dengan lampu dan Stylish Tailgate Spoiler.

Sedangkan pada Honda Brio RS seperti penggunaan Dengan LED Light Guide, lampu depan tampil semakin stylish, dilengkapi Projector Headlamp membuat pencahayaan lebih fokus, New Power Retractable Door Mirror with LED Turning Signal cukup dengan satu sentuhan untuk melipat kaca spion secara otomatis, tampil keren saat berkendara dengan desain alloy wheel 15” baru yang semakin sporty, New Side Under Spoiler, dan New Rear Glass Garnish.

Interior Honda Brio

Honda Brio 2018 Interior

Melihat bagian kabin interior Honda Brio, meski memiliki ukuran yang mungil, namun kabin yang terasa cukup lapang, dengan kapasitas 5 tempat duduk yang dinilai sesuai bagi teman maupun keluarga untuk berkendara bersama di dalam mobil. Tempat duduk pada Honda Brio ini juga didesain ramping agar terlihat lebih luas, sehingga memberikan rasa kenyamanan saat berkendara.

Desain Honda Brio RS dikatakan hadir dengan interior bernuansa racing dilengkapi sistem audio video modern. Sedangkan pada Honda Brio Satya bagi para konsumen yang menginginkan kabin luas dan kenyamanan ekstra.

Pada interior Honda Brio memiliki desain baru dashboard hadir lebih sporty dan dilengkapi sistem audio video modern yang membuat perjalananmu semakin menyenangkan, New Orange Stitch, ruang kabin luas dengan warna baru ivory yang membuat berkendara lebih nyaman.

Mesin dan Performa Honda Brio

Honda Brio Eksterior Hitam

Setelah berbicara mengenai eksterior dan interior Honda Brio, tidak lengkap bila kita tidak membahas mengenai dapur pacu sebagai sumber tenaga penggerak mobil melibas berbagai medan jalan. Mobil Honda Brio memang memiliki ukuran yang kecil, namun mobil ini bisa dibilang memiliki performa yang tangguh dan lincah.

Di bawah kap mesin terdapat mesin berkapasitas 1.2L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC+DBW dengan isi silinder 1.198, yang berbanding diameter x langkah yaitu 73 mm x 88,4 mm dan perbandingan kompresi 10,3 : 1. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 90PS/6.000 rpm dengan torsi 110Nm/4.800 rpm. Mesin ini didukung sistem elektronik Drive by Wire, yang mengontrol buka tutup throttle valve untuk presisi akselerasi yang maksimal namun tetap hemat bahan bakar. Mesin itu dipadukan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan CVT yang sudah berteknologi Earth Dream. CVT dengan Earth Dreams Technology dikatakan menjadikan perpindahan transmisi halus, performa mesin lebih maksimal, dan lebih hemat bahan bakar. Selain itu, Honda Brio terbaru memiliki gas buang yang bersih dan telah lulus standar uji emisi EURO-2 oleh pemerintah Indonesia serta memenuhi syarat EURO-4.

Konsumsi bahan bakar keiritan mesin mobil sendiri berada pada kisaran 14 km per liter di perkotaan dan meningkat menjadi 22.3 km per liter di jalan tol.

Fitur Honda Brio

Dalam menjamu para penumpang mobil Honda Brio dalam berkendara, tersedia berbagai fitur, mulai dari sistem audio video touchscreen 6.2” canggih yang mampu memutar bermacam jenis format lagu melalui berbagai media seperti AM/FM, CD, DVD, USB Port, iPod atau iPhone yang dilengkapi dengan New Tweeter Speakers & Audio Steering Switch untuk menikmati kualitas audio yang lebih berkarakter. Terdapat juga New Digital A/C untuk mengatur suhu kabin menjadi praktis dan lebih modern. Memberikan kenyamanan lebih pada para penumpang, Honda turut serta menyematkan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam.

Fitur Keselamatan

Tidak hanya menjual mobil yang dapat melaju di jalan saja, Honda juga memikirkan keselamatan para penumpang ketika berkendara, karena itu merek mobil asal negeri sakura itu turut menyematkan berbagai fitur keselamatan, diantaranya seperti Side Impact Baem, Padestrian Protection, Dual Front Air bags yang saat terjadi tabrakan pada situasi dan kondisi tertentu, airbags akan mengembang untuk mengurangi cedera, Sabuk keselamatan depan dan belakang dengan type Seatbelt 3P ELR. Selain itu terdapat pula Fitur ABS (Anti-lock Braking System) dapat me dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) mendistribusikan daya pengereman sesuai dengan beban kendaraan agar lebih efektif, Wave Key untuk All type, keyless entry dan alarm system untuk Brio S A/T dan Brio E A/T.

Harga

Harga Honda Brio 2018

Berbicara mengenai banderol harga, mengacu pada harga on the road Jakarta sendiri, Honda Brio dipasarkan mulai Rp 131,5 juta untuk varian terendah Satya S M/T, sementara varian tertinggi RS A/T dipasarkan dengan harga Rp 178 Juta. Meski begitu, harga yang ditawarkan di daerah lain akan berbeda-beda tergantung dari biaya pengiriman dan lain-lain.

Daftar Harga Honda Brio 2018

Tipe / Varian Brio Harga
Honda Brio Satya S M/T Rp. 131.500.000
Honda Brio Satya E M/T Rp. 136.500.000
Honda Brio Satya E A/T Rp. 151.500.000
Honda Brio RS M/T Rp. 163.000.000
Honda Brio RS A/T Rp. 178.000.000

Melihat daftar harga yang ditawarkan Honda Brio memang sangat kompetitif, mulai dari harga yang sangat terjangkau atau murah hanya Rp 131 juta hingga menyentuh range harga sebuah mobil kecil. Dengan harga yang ditawarkan itu, Honda Brio memiliki beraga pesaing, mulai dari mobil yang ada pada segmen LCGC seperti Toyota Ayla dan Daihatsu Agya hingga mobil seperti Kia Picanto, Suzuki Swift dan Suzuki Ignis yang belum lama meluncur di pasar otomotif Tanah Air.

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait Honda Brio, semoga informasi dan ulasan tentang Harga dan Spesifikasi Honda Brio dapat membantu para pembaca, sampai berjumpa dikesempatan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here