Home » News » Nasional » Suzuki Sukses Tingkatkan Angka Ekspor, Rambah Pasar Dunia
Nasional GIIAS

Suzuki Sukses Tingkatkan Angka Ekspor, Rambah Pasar Dunia

Tangerang – Seperti yang dinyatakan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, peningkatan penggunaan komponen lokal dapat meningkatkan daya saing industri otomotif di Indonesia, sementara Indonesia adalah salah satu negara pengekspor yang berpotensi sehingga harus menjadi basis pengembangan industri otomotif secara menyeluruh.

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) sebagai salah satu pemain lama di industri otomotif terus meningkatkan nilai ekspor kendaraan, roda dua maupun roda empat. Tentunya bekerjasama dengan SMC Japan guna memenuhi persyaratan ekspor. Aktivitas ekspor PT SIM berhasil membukukan pemasukan perusahaan sebanyak 5,5 triliun rupiah meliputi ekspor roda empat, roda dua dan suku cadang.

Ekspor SIM pada roda empat pada tahun 2017 menargetkan sebanyak 22,095 unit CBU untuk produk APV dan Ertiga lalu sebanyak 25,488 unit CKD untuk produk Ertiga, Wagon R dan Carry 1000. Selain itu penjualam ekspor juga dilakukan dalam bentuk KD Component untuk Wagon R, Celerio, Ciaz dan Ertiga.

Sementara ekspor roda dua SIM juga mengalami kenaikan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya. Penjualan ekspor roda dua hingga tahun 2017 mampu memberi kontribusi menapai 10,68%.

Selain roda dua dan roda empat, Suzuki juga mengekspor suku cadang ke berbagai negara. Dari segi kontribusi, hingga pertengahan tahun 2017 rata-rata kontribusi ekspor suku cadang terhadap total penjualan suku cadang Suzuki mencapai 8%, mengalami kenaikan 2% dibanding tahun sebelumnya.