Home » News » Nasional » SIS Yakin Suzuki Baleno dan Swift Tidak Saling Makan
Nasional New Launch GIIAS

SIS Yakin Suzuki Baleno dan Swift Tidak Saling Makan

Tangerang – Suzuki kembali menghadirkan produk city car di Indonesia, Baleno yang kini bertransfomasi dari sedan menjadi hatchback. Meluncurkan produk Suzuki Baleno di Indonesia membuat PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki dua produk di segmen tersebut, yaitu Swift dan Baleno. Meski begitu, Suzuki yakin keduanya tidak akan saling memakan pasar karena keduanya diposisikan dan ditargetkan pada konsumen yang berbeda.

Yulius Purwanto, Kepala Pengembangan Produk PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkapkan bahwa mereka melengkapi line up produk dengan keduanya menyasar pada target pasar yang berbeda untuk melawan kompetitor yang juga makin berkembang.

“Bila dilihat dari karakter, sudah terlihat berbeda, Baleno hadir dengan ukuran yang lebih luas dengan target pada masyarakat yang sudah berkeluarga, sedangkan Swift kepada konsumen anak muda,” terang Yulius pada konferensi pers Suzuki di GIIAS 2017, Senin (17/8/2017).

Tidak hanya lebih luas, Suzuki Baleno juga memiliki ukuran ground clearance yang lebih tinggi.

“Meskipun sebuah hatchback, kaki-kaki mobil didesain khusus dari Jepang agar lebih tinggi yang membuatnya mampu melibas jalanan yang tidak rata,” jelas Yulius.

Dilihat dari sisi spesifikasi, Suzuki Baleno menggunakan meisn bensin K14B berkapasitas 1.373 cc, 16 valve, DOHC, VVT, MPI yang mampu menghasilkan tenaga 92,4 ps dan torsi puncak 130 Nm. Efisiensi bahan bakar, dari pengujian oleh BT2MP, konsumsi BBM Suzuki Baleno Hatchback mencapai 22,17 liter bagi varian bertransmisi manual dan 20,6 liter untuk transmisi otomatis.

Saat ini divisi roda empat SIS memasarkan mobil hatchback Suzuki Baleno dengan banderol harga Rp 195 juta untuk tipe bertransmisi manual dan Rp 207,5 juta bagi varian bertransmisi otomatis. Kedua harga itu sudah on road Jakarta. Sedangkan Suzuki Swift ditawarkan dengan harga Rp 220,5 juta hingga Rp 235,6 juta, bisa dibilang jauh lebih tinggi dari harga yang ditawarkan untuk Baleno.

Mengenai target penjualan sendiri, mobil Suzuki Baleno 2017 yang menjadi kompetitor dari produk seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz, PT SIS berharap mampu terjual sebanak 500 unit per bulan.