Home » News » Business & Industry » Pajak Kendaraan Akan Ganti Berdasar Emisi Bukan Lagi Ukuran Mesin
Business & Industry

Pajak Kendaraan Akan Ganti Berdasar Emisi Bukan Lagi Ukuran Mesin

Jakarta – Pemerintah dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Keuangan tengah membahas mengenai pajak kendaraan bermotor berdasarkan emisi gas buang yang dihasilkan. Aturan baru ini akan menggantikan skema pajak saat ini yang mengacu pada kapasitas mesin kendaraan.

Direktorat Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan menjelaskan bahwa skema pajak baru ini akan berlaku untuk mobil keluaran terbaru, sedangkan untuk mobil lama masih akan dipelajari lebih lanjut.

“Untuk mobil tua kami harus lakukan sesuatu, Apakah itu membatasi operasi mobil tua, tentu tidak juga,” jelas Putu dalam diskusi Indonesia Economic Forum, di Jakarta.

Dia juga menjelaskan bahwa penerapan pajak berdasarkan pada emisi gas buang ini tidak bisa langsung dilaksanakan di seluruh Indonesia. Akan dilaksanakan bertahap mulai dari kota-kota besar serta daerah tujan wisata.

“Penerapan tersebut bisa saja dilakukan di kota-kota besar terlebih dahulu. Mungkin tidak bisa diterapkan di seluruh Indonesia, tapi bisa kami mulai di kota Jakarta atau kota-kota yang banyak disinggahi turis, seperti Bali dan Yogyakarta,” pungkas dia.