Jakarta – Mobil hatchback Kia Rio jadi tulang punggung penjualan PT KIA Motor Indonesia (KMI) di pasar otomotif Tanah Air. Mobil andalan merek asal Korea Selatan dengan dapur pacu berkapasitas 1.4 liter itu sepanjang 2016 hingga bulan September 2016 memiliki penjualan total 434 unit dan menjadi model terlaris KIA di Indonesia.

Meski begitu, dibandingkan dengan penjualan tahun lalu, Kia Rio hatchback mengalami penurun lebih dari 50 persen. Periode yang sama tahun lalu, mobil Rio memiliki penjualan sebanyak 804 unit.

Walaupun mengalami penurunan, Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran PT KMI berpendapat bahwa perkembangan pasar hatchback KIA berjalan cukup baik dibandingkan dengan kondisi pasar tahun lalu dan bulan-bulan sebelumnya.

Hartanto juga yakin bahwa kondisi saat ini akan berangsur-angsur berubah. Dengan adanya kebijakan tax amnesty, akan membuat konsumen yang sebelumnya tidak membeli kendaraan akan terangsang untuk membeli kendaraan mobil. Dikatakannya bahwa ini sudah dirasakan untuk merek-merek mobil premium yang mulai mengalami peningkatan.

Untuk tahun ini, Kia sendiri mengatakan tidak memiliki target penjualan. Namun untuk tahun 2017 mendatang, dengan hadirnya beberapa produk baru, Grand Sedonda dan All New Sportage serta satu model anyar yang akan diumumkan, Kia yakin akan mengalami peningkatan pangsa pasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here