Jakarta – Pada penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 lalu Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut serta memperlihatkan teknologi hybrid mereka. Dan belum lama ini dikabarkan bahwa sistem hybrid Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) akan disematkan pada salah satu model yang ada.

Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS mengatakan bahwa teknologi hybrid merek berbeda dengan sistem hibrida kebanyakan, dan SHVS lebih terjangkau. Sistem hybrid SHVS ini bekerja dengan sederhana. Memiliki rangkaian sistem terdiri dari ISG (Intergrated Starter Generation) yang menghasilkan tenaga dari motor penggerak. Dan mengisi kembali tenaga dari energi pengereman.

Donny sendiri tidak mengatakan model apa yang akan menggunakan sistem hybrid ini, namun hanya menjelaskan bahwa model yang laku dipasaran. Kemungkinan besar model itu adalah mobil MPV 7 penumpang, Suzuki Ertiga. Akan tetapi Donny masih belum mengkonfirmasi ataupun mengelak akan adanya Suzuki Ertiga Hybrid.

Untuk pasar India sendiri, Suzuki telah memasakan mobil dengan sistem hybrid SHVS dengan mesin diesel D13A 1.2 liter pada model Suzuki Ertiga dan Suzuki Ciaz.

READ  Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Bikin Kantong Tak jebol