Goodyear Raih Penghargaan Best Innovarion dari Indonesia Living Legend Companies Award 2016

Goodyear Booth GIIAS 2016

Jakarta – Produsen ban asal Amerika Serikat, Goodyear merupakan salah satu merek ban terkemuka di dunia, termasuk di Indonesia. Menjelang akhir tahun, PT Goodyear Indonesia, Tbk mendapatkan penghargaan “The Best Innovation for Technology Development in Automotive and Component Industry 2016” untuk kategori Diamond dalam ajang “Indonesia Living Legend Companies Award 2016” yang diadakan oleh Warta Ekonomi.

Penghargaan ini dikatakan diberikan kepada perusahaan-perusahaan di tanah air yang telah melewati perubahan zaman dan unggul dari sisi usia dan kinerja, terdaftar dalam bursa saham Indonesia dan terutama berkontribusi dalam memajukan ekonomi Indonesia.  Penghargaan juga didasari pada kesinambungan inovasi produk-produknya serta memiliki strategi yang tepat menjawab kebutuhan pasar dan untuk mempertahankan bisnisnya di Indonesia.

Indonesia Living Legend Companies Awards pertama kali diselenggarakan di tahun 2014 dan telah menginjak tahun ketiga di tahun 2016 ini. Di tahun-tahun sebelumnya, ajang ini diselenggrakan dengan memiliki fokus pada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang berusia lebih dari 50 tahun. Namun, pada tahun ini, Warta Ekonomi menganggap perlu memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang mampu bertahan lebih dari 25 tahun dengan dilatarbelakangi Indonesia yang sempat mengalami krisis di tahun 1998 dan 2009.

Indonesia Living Legend Companies Award 2016 ini diberikan Warta Ekonomi kepada perusahaan-perusahaan dengan berdasarkan beberapa kategori, yaitu: Pertama, kategori Silver Award adalah Penghargaan pada perusahaan yang berusia antara 25 tahun atau lebih. Kedua, kategori Golden Award adalah Penghargaan untuk perusahaan yang berusia antara 50 tahun atau lebih. Terakhir, kategori Diamond Award adalah Penghargaan untuk perusahaan yang berusia 75 tahun atau lebih. Penghargaan ini bertujuan untuk mengapresiasi kemampuan perusahaan-perusahaan dalam bertahan terutama pada saat krisis ekonomi, dan bahkan dapat membukukan keuntungan yang mengesankan. Selain itu juga untuk menumbuhkan semangat kepada para perlaku usaha lainnya agar dapat memajukan perekonomian tanah air dengan menerapkan strategi dan kiat-kiat yang dilakukan ketika mendapat tantangan dan hambatan.

Wicaksono Soebroto, General Manager Corporate and Marketing Communication Goodyear Indonesia menyatakan, “Menjelang 100 tahun kehadirannya di Indonesia, PT Goodyear Indonesia, Tbk merasa bangga dapat merepresentasikan perusahaan sebagai pelaku bisnis yang memiliki komitmen untuk selalu mengembangkan teknologi terbaik di dunia otomotif. Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus memberikan perlindungan keselamatan yang terbaik bagi pengguna produk kami. Tidak hanya melalui aplikasi teknologi terkini pada produk yang dihasilkan tetapi juga inovasi pada layanan dan pemenuhan kebutuhan konsumen.”

Untuk memilih perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai penerima penghargaan, tim riset Warta Ekonomi Intelligence Unit (WEUI) melakukan kajian terhadap ratusan perusahaan di tanah air yang memiliki rekam jejak pada proses tumbuh dan berkembangnya, yang berupa perkembangan kemajuan bisnis yang telah dicapai sejak awal dimulainya usaha perusahaan hingga saat ini. Selanjutnya, melakukan penilaian terhadap pengembangan inovasi yang telah dilakukan perusahaan baik berupa inovasi layanan produk, jasa, maupun strategi bisnis. Selain itu, penilaian terhadap kinerja keuangan perusahaan untuk periode 2014-2015 juga dilakukan untuk mengukur keberhasilan perusahaan sesuai dengan karakteristik dari sektor industri perusahaan-perusahaan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here