Home » News » Business & Industry » Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Tingkatkan Keuntungan Divisi Roda Empat Astra
Business & Industry

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Tingkatkan Keuntungan Divisi Roda Empat Astra

Jakarta – Pada tahun ini Toyota dan Daihatsu menghadirkan mobil MPV baru di segmen mobil murah atau LCGC. Kehadiran produk baru itu tidak hanya meningkatkan penjualan mereka, namun juga menjadi faktor penting peningkatan laba Astra tahun ini.

Dalam laporan resmi, laba bersi bisnis otomotif grup Astra mengalami peningkatan sebesar 12 persen selama sembilan bulan 2016 dibanding periode yang sama tahun lalu. Pada tahun lalu grup Astra memiliki laba bersih Rp 5,995 triliun dan tahun sebelumnya Rp 5,329 triliun.

Pada tahun ini, merek roda empat yang berada di bawah naungan grup Astra telah meluncurkan 10 model baru dan 7 penyegaran.  Berbagai model baru itu meningkatkan penjualan sebanyak 10 persen dibandingkan tahun lalu dan sekarang grup Astra menguasai pangsa pasar 50 persen di Indonesia.

Dibandingkan pada sektor roda dua, divisi roda empat Astra memang tampil lebih gemilang. Astra Honda Motor pada tahun ini mengalami penurunan sebanyak 10 persen. Namun dibidang bisnis komponen, Astra Otoparts mengalami peningkatan laba sebesar 59 persen menjadi Rp 284 miliar.

Akan tetapi meski bisnis otomotif Astra mengalami pergerakan naik, tapi laba bersih seluruh group Astra mengalami penurunan sebanyak 6 persen. Laba bersih sepanjang sembilan bulan sebesar Rp 11,277 trilun, tahun lalu Rp 11,997 triliun.