Home » Opinion » Toyota Calya Gantikan Peran Avanza di Indonesia
Opinion

Toyota Calya Gantikan Peran Avanza di Indonesia

Toyota Calya MPV Mobil Murah

Jakarta – Sudah cukup lama Toyota Avanza menjadi mobil terlaris di pasar otomotif Indonesia. Sejak kehadirannya pada 2003 atau 10 tahun yang lalu mobil MPV 7 penumpang itu langsung mendapat perhatian dari masyarakat. Selain harga yang terjangkau, peran kapasitas 7 penumpang serta merek Toyota membuatnya menjadi mobil favorit di Tanah Air.

Seiring dengan waktu, karena tuntutan masyarakat yang tinggi dan untuk terus membuatnya kompetitif, Toyota terus melakukan pembaharuan dan peningkatan pada mobil. Disematkan berbagai fitur lengkap serta peningkatan kualitas membuat mobil mau tidak mau berangsur-angsur mengalami kenaikan tingkat. Berbagai peningkatan itu tidak hanya membuat mobil makin nyaman saja, namun juga meningkatkan harga jualnya. Lihat saja sekarang tipe terendah Toyota Avanza ditawarkan mulai Rp 180 jutaan.

Akan tetapi tahun ini merek mobil asal Jepang itu menghadirkan model baru yang mengisi celah di bawahnya, Toyota Calya MPV. Dengan memasukkannya ke segmen mobil murah atau LCGC, mobil ini akan mendapatkan dukungan dari pemerintah yang membuatnya memiliki harga lebih terjangkau.

Sejak peluncurannya juga mobil Toyota Calya langsung diterima baik oleh masyarakat, terlihat dari jumlah penjualan sejak September lalu sudah mengungguli Toyota Avanza, meski beda tipis. Pada bulan September, mobil Toyota Calya memiliki angka penjualan wholesales sebanyak 9.239 unit, unggul 26 unit dibandingkan Toyota Avanza. Sedangkan pada bulan Agustus meski mengalami sedikit penurunan penjualan, namun masih tetap lebih tinggi dari Toyota Avanza, dengan penjualan sebanyak 8.832 unit dan unggul 20 unit dari Avanza.

Untuk spesifikasi di bawah kap, Toyota Calya hadir dengan mesin baru seri 3NR berkapasitas 1.200cc dan berteknologi VVT-i, menjanjikan performa memadai dan efisiensi bahan bakar maksimal. Masalah harga sendiri, Toyota Calya ditawarkan mulai Rp 136 juta untuk varian terendah 1.2L E standar hingga Rp 156 juta untuk varian 1.2 G bertransmisi otomatis.

Dilihat sejak awal kehadirannya, terlihat mobil mampu mulai menggeser peranan Toyota Avanza di tengah masyarakat. Terlihat dari banyaknya masyarakat yang memilih membeli mobil MPV Calya dibandingkan Avanza bahkan meski harus inden hingga 2 bulan. Namun tetap kita lihat saja nanti apakah Toyota Calya sebagai mobil murah 7 penumpang mampu terus menarik minat masyarakat Indonesia dan bertahan menjadi mobil terlaris menggeser peran Toyota Avanza yang naik tingkat.