Honda Mobilio Berhenti Diproduksi di India

New Delhi – Berbeda dengan di Indonesia, mobil MPV Honda Mobilio di India tidak begitu laris. Bahkan penjualan mobil itu terus mengalami penurunan sejak tahun lalu. Kabar terbaru mengatakan bahwa di India Honda sudah tidak memproduksi Mobilio MPV selama 10 bulan.

Dari data ociety of Indian Automobile yang dibeberkan business-standard.com, produksi Honda Mobilio telah dihentikan sejak November tahun lalu. Dikatakan penghentian produksi dini dilakukan untuk menjaga suplai agar stabil.

Untuk pasar India, Honda Mobilio meluncur pada Juli 2014. Di awal kehadirannya, mobil Mobilio memiliki angka penjualan sebanyak 3.500 unit per bulan, akan tetapi terus mengalami penurunan dan pada tahun ini hanya berada di angka 200 an unit.

Angka penjualan itu memperlihatkan bahwa Honda Mobilio tidak mampu menghadapi persaingan segmen MPV di India yang diisi oleh Suzuki Ertiga dan Toyota Innova. Di sana Suzuki Ertiga memang mendominasi. Meski begitu Honda tidak masuk ke dalam segmen komersial atau taksi seperti yang dilakukan Innova. Bahkan di Indonesia sendiri Mobilio juga sudah memasuki segmen taksi.

Salah satu sumber mengatakan bahwa segmen MPV sekarang didukung oleh segmen komersial, sedangkan Honda fokus pada konsumen individu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here