Honda Jazz Penguasa Segmen Hatchback Indonesia

Memang bila berbicara mobil di Indonesia ini segmen MPV atau SUV menjadi pusat perhatian dengan tingginya angka penjualan. Namun bukan dua segmen mobil itu saja yang dipasarkan di Indonesia, ada model hatchback, sedan dan banyak lainnya.

Berbicara mengenai segmen hatchback, pada periode Januari hingga Agustus 2016 mencatatkan penjualan sebesar 3,9 persen dari total penjualan mobil nasional. Jumlah penjualan ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, sebesar 4,22 persen pada periode yang sama. Mungkin dengan penambahan dan penyegaran produk baru, bisa menarik minat konsumen dan memberikan kontribusi positif di segmen ini.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama delapan bulan pertama 2016 Honda Jazz berhasil menjadi penguasa segmen hatchback. Mobil Honda Jazz berhasil terjual sebanyak 12.228 unit dengan pangsa pasar hingga 45,35 persen.

Model kedua terlaris diraih oleh Toyota Yaris dengan penjualan sebesar 10.926 unit dan mendapat pangs pasar 40,52 persen. Untuk peraih posisi lima besar lainnya adalah Mazda2 dengan total 2.237 unit dengan pangsa pasar sebesar 8,3 persen. Lalu Suzuki Swift ada diposisi keempat dengan 526 unit (1,95 persen), dan Kia All New Rio di tempat kelima dengan perolehan 403 (1,49 persen).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here