Toyota Calya Langsung Jadi Mobil Murah Terlaris

Toyota belum lama ini menghadirkan model baru mobil murah di Indonesia, Toyota Calya MPV. Mobil yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu ini ternyata berhasil langsung menarik minat masyarakat di awal kehadirannya. Mobil berkapasitas tujuh penumpang itu diserbu pemburu mobil murah di Indonesia pada Agustus 2016 lalu. Penjualannya pun meninggalkan saudara kembarnya, Astra-Daihatsu Sigra.

Dari data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil murah Toyota Calya berhasil terjual sebanyak 9.241 unit. Dan bila ditambah dengan penjualan pada bulan Juli sebanyak 3.003 unit, maka selama dua bulan kehadiran 2016 Toyota Calya sudah terpesan sebanyak 12.244 unit.

Sedangkan untuk saudara kembarnya Daihatsu Sigra juga tidak kalah. Mobil murah Daihatsu SIgra sudah dikirim sebanyak 7.748 unit selama dua bulan dengan 2.014 unit pada Juli dan 5.734 pada bulan lalu.

Melihat awal penjualan yang tinggi, kedua mobil, Toyota Calya – Daihatsu Sigra bisa jadi penguasa segmen LCGC atau mobil murah bila mampu mempertahankan angka penjualan saat ini.

Saat ini model yang bisa menyaingi performa penjual MPV murah itu adalah Honda Brio Satya. Hadir dengan pembaharuan pada awal tahun ini, mobil murah andalan Honda itu berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 5.812 unit.

Untuk pesaing langsung Toyota Calya di segmen mobil murah 7 penumpang, Datsun GO+ Panca ternyata masih memiliki penjualan yang stabil. Pada bulan Agustus yang lalu masih mendapatkan penjualan 2.047 unit, atau turun sedikit dibandingkan rata-rata penjualan sejak Januari yang berada di level 3.000-an unit sebulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here