Jakarta – Tidak lama lagi kita akan tahu yang mana mobil terbaik 2016 di Indonesia versi Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT). Pemilihan mobil terbaik atau Car of the Year 2016 tengah memasuki tahap akhir dengan terpilihnya 5 mobil finalis.

Berganti tahun kita kembali mendapatkan sederet mobil baru yang dipasarkan di pasar otomotif Indonesia. Mulai dari model dengan harga terjangkau hingga yang sangat mahal hanya bisa dibeli oleh para miliader.

Mobil baru terbaik atau Car of the Year 2016 dikumpulkan dari produk yang dipasarkan dari periode Agustus 2015 – Juli 2016. Terkumpul sebanyak 28 model baru yang bersaing menjadi “Mobil Terbaik 2016” versi FORWOT.

28 model itu diantaranya adalah Audi TT, Audi Q7, Audi A4, BMW X1, BMW 7-Series, BMW Gran Tourer, Chevrolet Trax, Hyundai All New Tucson, Honda BR-V, Honda Civic, Infiniti QX80, Jaguar XE, Land Rover Discovery Sport, Lexus GS200t, McLaren 570S, MINI Clubman, Mitsubishi Pajero Sport, Mercedes-Benz GLC, Mercedes-Benz GLE, Mercedes-AMG GT S, Mercedes-Benz C-Class Coupe, Mercedes-Benz V-Class, Porsche 718, Porsche 911, Suzuki Ciaz, Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Sienta.

Pemilihan produk berdasarkan pada kriteria desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, fungsional, keramahan lingkungan, pengalaman berkendara, dan harga.

Dari 28 mobil baru yang dipasarkan oleh 16 Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia, telah terpilih 5 finalis.

“28 mobil yang berhak menjadi nominasi adalah model mobil yang benar-benar baru dan bukan sekadar penambahan varian, facelift, improvement atau major change,” kata Wahyu Hariantono, ketua panitia FCY 2016.

Tidak seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini proses pemilihan mobil terbaik melibatkan seluruh anggota FORWOT dengan sistem polling sebelum dilakukan proses penjurian mobil terbaik 2016.

Baca  Majalah Otomotif Mobilmotor Indonesia Umumkan Car of the Year 2017

Dari sistem poling, terpilih 5 mobil terbaik pilihan para wartawan otomotif Indonesia anggota FORWOT. Berdasarkan abjad, kelima mobil tersebut: Chevrolet Trax, Honda Civic, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Kijang Innova dan Toyota Sienta.

“Di tengah lesunya perekonomian dan penjualan mobil yang stagnan, kami tetap berkomitmen untuk memajukan industri otomotif, salah satunya dengan memilih satu mobil terbaik yang bisa menjadi rujukan masyarakat sebelum membeli. Dan, hari ini kami memasuki tahap pengumuman lima besar. Mobil terbaik tahun ini akan diumumkan pada tanggal 22 September 2016,” kata Indra Prabowo selaku Ketua Umum FORWOT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here