Home » News » Nasional » Pertamax Turbo Segera Meluncur di Indonesia
Nasional

Pertamax Turbo Segera Meluncur di Indonesia

Jakarta – PT Pertamina (Persero) menghadirkan produk bahan bakar minyak (BBM) jenis baru dengan angka RON (Research Octane Number) tinggi, hingga 98. Di Tanah Air, produk ini rencananya akan diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung 11 Agustus 2016.

Sebelum resmi hadir di Indonesia, ternyata PT Pertamina telah meluncurkan Pertamax Turbo ini terlebih dahulu di luar negeri yang digunakan untuk kendaraan kelas supercar dan berteknologi tinggi. Peluncuran berlangsung di Belgia dengan ditandai pengisian bahan bakar Pertamax Turbo oleh Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Affandi disela-sela ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series, di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Jumat (29/7).

“Pertamax Turbo merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin yang merupakan hasil pengembangan dari produk Pertamax Plus yang memiliki Research Octane Number minimal 98 serta dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF),”jelas Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero).

Hadirnya Pertamax Turbo ini dikatakan sebagai jawaban Pertamina terhadap perkembangan teknologi mesin yang semakin canggih seperti penggunaan supercharger, turbocharger menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi, sehingga diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi.

Sebelum diluncurkan, Pertamax Turbo ini telah diuji coba di ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo European pada awal Januari 2016, di Srikuit Vallelunya, Italia. Dan hingga saat ini Pertamax Turbo sudah digunakan pada 4 balapan yakni di Monza-Italia, Silverstone – UK, Paul Richard-Perancis, dan Spa Francorchamps – Belgia.

“Digunakannya Pertamax Trubo dalam ajang balap bergengsi di Eropa, semakin membuktikan bahwa Pertamax Turbo telah diakui sebagai bahan bakar dengan performa yang sangat baik dan ramah lingkungan, karena bisa mengurangi emisi gas buang menjadi lebih baik,” tutup Wianda.

Di Indonesia sendiri ternyata Pertamax Turbo telah tersedia di beberapa SPBU di Jakarta. Pertamax Turbo dipasarkan dengan harga Rp 8.700 per liter. Harga ini sedikit lebih mahal dibandingkan harga BBM lain seperti Pertamax (Rp 7.350) dan Pertamina Dex (Rp 8.100). Pertamax Turbo ini hadir dengan warna yang sama seperti Pertamax Plus, yaitu merah.

“Selain pertimbangan fluktuasi harga yang tidak terlalu berpengaruh pada perhitungan keekonomian produk BBK Pertamina, dipertahankannya harga ini juga bentuk dari apresiasi terhadap konsumen yang loyal memanfaatkan produk-produk Pertamina yang konsumsinya terus meningkat. Seperti Pertamax dan Pertalite yang pangsa pasarnya kini mencapai 30% terhadap seluruh produk bensin Pertamina. Demikian juga untuk Dexlite yang telah mengambil pasar Solar di SPBU yang telah menjual Dexlite sekitar 15%,” papar Wianda.