Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Langsung Pengaruhi Avanza-Xenia Bekas

Jakarta – Toyota dan Daihatsu baru saja menghadirkan duet mobil murah baru mereka, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mobil yang masuk dalam segmen LCGC ini meski telah resmi meluncur sayangnya masih hanya dalam sebatas kisaran harga. Akan tetapi sudah mampu memberikan pengaruh pada pasar mobil bekas. Para pedagang mengaku bahwa Saat ini banyak konsumen yang menahan diri membeli Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Teddy Rahmat, pengelola sejumlah gerai mobil bekas di Jakarta Timur dan Jakarta Utara, mengatakan bahwa pada sebulan terakhir ini banyak konsumen yang menahan diri untuk tidak terburu-buru membeli mobil bekas Avanza dan Xenia.

”Orang sudah mulai membandingkan sejak usai Lebaran. Kalau harganya beda tipis, mungkin ada sebagian yang beli mobil baru (Calya-Sigra). Paling yang bertahan (dengan Avanza-Xenia) kebanyakan pemain rental,” kata Teddy.

Teddy mengatakan bahwa meski terdapat penurunan penjualan MPV, khususnya untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, namun masih belum signifikan. Dia masih menunggu kepastian harga jual dari mobil baru Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Memang potensi duet baru Calya-Sigra untuk mengganggu mobil bekas Xenia-Avanza sangatlah tinggi. Salah satu pedagang mobil bekas, Sujono di bilangan Ngurah Rai, Jakarta Timur mengatakan bahwa dirinya sedikit mengurangi harga jual agar orang tetap tertarik membeli.

”Avanza 2012-2015 harganya mirip-mirip dengan Calya-Sigra. Saya mulai menurunkan sedikti harganya, sekitar 2-3 jutaan. Tergantung kondisi. Paling penting laku dulu, nanti dilihat lagi kondisinya,” kata Sujono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here