Bus Ngangkang, TEB-1 (Transit Elevated Bus) Diuji Jalan

Qinhuangdao – Setelah lama ditunggu-tunggu akhirnya China melakukan percobaan pada bis ngangkang baru mereka di Qinhuangdao, Hebei minggu ini. Bus itu mendapatkan nama resmi Transit Elevated Bus yang didesain membantu mengurangi kemacetan dengan membawa penumpang di atas arus kendaraan mobil yang berjalan di jalanan kota-kota besar China.

Uji jalan dilakukan di jalur dengan panjang 300 meter yang ditutup, terpisah dari lalu lintas jalan umum. Setiap kendaraan dengan panjang 72 kaki itu dapat membawa hingga 300 penumpang, dan sampai empat kendaraan TEB dapat dihubungkan bersama – meskipun hanya satu digunakan untuk kepentingan perkenalan pertama ke publik.

“Keuntungan terbesar adalah bahwa bus akan menghemat banyak ruang jalan,” kata Song Youzhou, chief engineer proyek dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Xinhua awal tahun ini.

Song mengklaim bahwa hal ini juga lebih murah dibandingkan dengan membangun kereta bawah tanah, serta TEB bisa dijalankan jauh lebih cepat berkat dengan infrastruktur pendukung yang relatif lebih sederhana.

Versi awal dari TEB yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010, ketika itu Song Youzhou menyarankan bahwa hal itu bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di kota sebanyak 30 persen.

Kendaraan bisa lewat di bawah bus meski bus dalam keadaan bergerak atau berhenti, sesuai dengan desain, dan didukung dengan tenaga murni listrik.

Setiap bus akan menggantikan sekitar 40 bus konvensional, klaim Song, dan menyimpan lebih dari 800 ton bahan bakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here