Home » News » Business & Industry » Menperin Ingin Toyota Produksi Transmisi Sienta di Tanah Air
Business & Industry

Menperin Ingin Toyota Produksi Transmisi Sienta di Tanah Air

Jakarta – Toyota Sienta memiliki komposisi komponen lokal yang diklaim hingga 80 persen. Namun angka tersebut rupanya belum memuaskan Menteri Perindustrian Saleh Husin. Dia mengatakan bahwa Toyota  sebenarnya juga sudah bisa memproduksi transmisi Indonesia.

“Ini dicatat, kami sangat berharap transmisi bisa diproduksi di Indonesia,” ujar Saleh saat pidatonya di acara peresmian produksi Sienta di Plant II TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Senin (25/7/2016).

TMMIN selama ini mengimpor perangkat transmisi dari Filipina untuk jenis manual, sedangkan otomatis dari Jepang. Dan dengan kapasitas produksi mobil di seluruh pabrik TMMIN mencapai 250.000 unit per tahun berarti memungkinkan Toyota Indonesia juga mengimpor transmisi dengan jumlah itu.

Saleh mengatakan bahwa dirinya mewaliki Pemerintah Indonesia mengapresiasi atas komitmen investasi Toyota selama ini. Kucuran dana dari Toyota untuk memproduksi Sienta mencapai Rp 2,5 triliun. Selain buat operasi produksi Sienta, investasi juga ditujukan untuk pengembangan. Plant II sebelumnya hanya melahirkan produk Etios Valco, Limo, Vios, dan Yaris.

Dengan tambahan investasi, Husin mengatkana lebih banyak penyerapan karyawan baru, meningkatkan kepemilikan pemasok lokal, dan pada akhirnya berkontribusi buat perekonomian..









Get a weekly email with best free content
Subscribe