Home » News » Business & Industry » Toyota Investasi Rp 2.5 T Untuk Produksi Sienta MPV di Indonesia
Business & Industry

Toyota Investasi Rp 2.5 T Untuk Produksi Sienta MPV di Indonesia

Jakarta – Toyota belum lama ini menghadirkan mobil MPV Sienta di Indonesia. Tidak hanya sekedar memasarkan, mobil ini juga diproduksi di Tanah Air. Toyota mengeluarkan investasi sebanyak Rp 2,5 triliun agar bisa memproduksi Toyota Sienta MPV di dalam negeri. Toyota Sienta terbaru debut pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show pada April lalu, dan baru sekarang angka investasi itu disebutkan.

“Itu belum pernah disebut sebelumnya. Rp 2,5 triliun itu untuk peralatan unik produksi Sienta,” kata Wakil Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Toyota Sienta pertama kali hadir pada tahun 2003, tapi hanya dipasarkan di Jepang saja. Dan ternyata Toyota sudah merencanakan generasi baru Sienta untuk hadir di Indonesia sejak 2011. Produksi Toyota Sienta dilakukan di Plant II milik Toyota Manufacturing Motor Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, sejak Juni lalu.

Warih mengatakan bahwa dana itu digunakan untuk menambah fasilitas produksi di Plant II yang selama ini hanya memproduksi mobil dengan konfigurasi jok dua baris, yaitu hatchback Etios Valco dan Yaris serta sedan Vios dan Limo.

Pada pabrik itu, Toyota Indonesia juga menambah pekerja yang bertugas khusus memproduksi MPV tiga baris itu. Selain buat operasi produksi Sienta, investasi juga ditujukan untuk pengembangan. Warih menyebut sebanyak 160 pekerja TMMIN telah dikirim ke Jepang sebagai bagian dari program pengembangan.

Toyota Sienta ditargetkan mampu diproduksi sebanyak 4.000 unit per bulan dan sebanyak 500 unit ditujukan untuk ekspor ke negara lain di kawasan Asia Tenggara. Dengan tambahan produksi Sienta, TMMIN sekarang bekerja sama dengan 139 perusahaan pemasok tier 1, meningkat dari sebelumnya 107 perusahaan.









Get a weekly email with best free content
Subscribe