Home » News » Nasional » Toyota Perkirakan Sienta Akan Sebabkan Pergeseran Pasar
Nasional

Toyota Perkirakan Sienta Akan Sebabkan Pergeseran Pasar

Bandung – Toyota baru saja menghadirkan mobil MPV boxy di pasar otomotif Tanah Air, Toyota Sienta. Mobil ini dianggap sebagai jawaban atas bergesernya tren multi purpose vehicle (MPV). Meski tidak terjadi sekarang, namun prediksi terkait dengan besarnya penjualan Sienta, kemungkinan akan dirasakan pada beberapa tahun ke depan.

“Indonesia sedang berada di posisi tren perubahan selera, atau sederhananya kebutuhan otomotif-nya mulai bergeser. Dibanding 10 tahun lalu (eranya Avanza) orang hanya menilai MPV dari fungsi, seperti untuk keperluan kantor, mengantar anak sekolah dan lainnya,” kata Kepala Divisi Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy.

“Saat ini konsumen bukan hanya melihat produk tersebut dari sisi fungsionalitas tetapi juga bisa menunjang gaya hidup lainnya. Semakin ke sini, kebutuhan urban semakin melebar, tidak hanya sekedar kerja atau ke kantor, tetapi terkait dengan kegiatan lain, misalnya hobi,” ucap  Anton, menjelaskan.

Anton juga mengatakan bahwa konsep yang diusung oleh Toyota Sienta MPV juga memberikan status khusus bagi pemiliknya bila dibandingkan dengan pemilik MPV model lain.

“Jika tidak membesar sekarang, Sienta akan membesar di tahun mendatang, pasalnya customer akan butuh model seperti ini. Toyota akan genjot Sienta sambil mempertahankan tren yang masih mayoritas, seperti Avanza. Tapi prediksi kami, pada lima tahun dari sekarang, tren itu akan berubah, dan Toyota sudah mempersiapkannya dari sekarang, dengan Sienta,” ujar Anton.

“Balum saya katakan bahwa segmen hatchback, SUV dan MPV hampir melebur sebenarnya, terutama karena keinginan konsemen. Maksudnya, dengan saya beli Sienta kita akan mendapatkan pelayanan seperti di dalam hatchback,”  ucap Anton.









Get a weekly email with best free content
Subscribe