Technology

Mazda Kembangkan Teknologi Handling Baru

Tokyo – Pabrikan mobil asal Jepang, Mazda mulai membeberkan detail teknologi pertama dari rangkaian inovasi SkyActive-Vehicle Dynamics yang digunakan untuk memperbaiki dan berhubungan dengan pergerakan serta pengendalian mobil.

Hasil teknologi tersebut adalah G-Vectoring Control (GVC) yang diklaim sebagai sistem satu-satunya di dunia yang mampu mengontrol torsi mesin dari pergerakan roda kemudi. Hal ini berarti teknologi baru ini mampu mempertimbangkan distribusi bobot pada ban.

Keinginan pengemudi diambil dari pergerakan setir yang kemudian dengan teknologi ini menghitung algoritma lateral dan longitudinal yang dihubungkan dengan tekanan saat mobil akselerasi dan berbelok.

Mazda mengklaim bahwa dengan teknologi ini mampu membuat bobot optimal pada masing-masing ban yang bisa mempertahankan mobil di dalam garis sesuai dengan keinginan pengemudi juga mengurangi koreksi pada roda kemudi.

Handling yang lebih baik ini tentu saja sangat berpengaruh pada saat mobil melaju di jalan yang basah, berlumpur, bersalju atau  pada permukaan jalan yang tidak baik. Tidak hanya itu, GVC juga berguna untuk membuat nyaman mobil saat pedal gas diinjak untuk berakselerasi.

GVC akan pertama diterapkan pada Mazda3 terbaru di Jepang. Kemudian digunakan pada Mazda6 di Amerika Serikat. Berbagai teknologi SkyActiv-Vehicle Dynamics lain akan menyusul dalam waktu dekat.

BMW Seri 7 Hadir Dengan Versi Plug-In Hybrid

Previous article

Mesin Diesel Bukan Fokus Toyota

Next article

You may also like

More in Technology