in

Honda CR-Z Disuntik Mati

Tokyo – Honda akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi mobil hybrid sporty mereka, CR-Z. Suntik mati ini dilakukan terkait penjualan produk yang kurang bergairah, bahkan terus mengalami penurunan penjualan.

Mobil ini hadir sebagai penerus mobil sport legendaris, CRX sejak 2010. Namun sejak hadir di pasar, mobil ini tidak pernah mencapai target. Apalagi setelah hadirnya versi dengan mesin hybrid.

Berusaha membuat mobil ini diminati konsumen,  Honda Performance Development (HPD) sampai harus menawarkan peranti supercharger untuk menaikkan tenaga CR-Z  yang membuatnya makin keren, dengan tenaga 197 HP dan torsi 238 Nm. Namun hal tersebut masih belum bisa menaikkan minat masyarakat.

Honda CR-Z pada tahun pertama terjual sebanyak 5.249 unit. Naik sebanyak dua kali lipat menjadi 11.330 unit pada 2011 dan menjadi tahun terbaik penjualan mobil itu. Setelahnya terus menurun, 4.192 unit pada 2012, 4.550 unit pada 2013.

Di tahun 2014 kembali turun menjadi 3.500 an unit. Dan tahun lalu hanya terjual sebanyak 3.073 unit. Bahkan edisi spesial khusus Jepang, CR-Z Alpha Final juga tak mampu meningkatkan minat masyarakat. Sebenarnya CR-Z ini hadir tanpa kompetitor, namun masih tetap tidak mampu memikat masyarakat.

Written by Celia Renata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mitsubishi Pajero Sport 7 Penumpang Juga Hadir di Australia

Nissan March Generasi Baru Hadir Akhir Tahun