Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Turut Pengaruhi Model SUV Lain

Jakarta – Persaingan pasar SUV medium kian memanas setelah hadirnya versi terbaru Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Ternyata persaingan keduanya tidak hanya mempengaruhi keduanya, namun juga dari model-model lain.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), kedua model tersebut mengalami penjualan yang tinggi sementara model SUV lain mengalami penurunan.

Pada periode Januari – Mei 2016, Toyota Fortuner terjual sebanyak 9.992 unit atau meningkat 211 persen dari periode sama pada tahun sebelumnya. Sedangkan untuk Mitsubishi Pajero Sport meningkat 230 persen menjadi 8.640 unit.

Untuk model SUV lain, seperti Honda CR-V mengalami penurunan sebesar 36 persen pada periode Januari – Mei 2016 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tidak hanya itu, Nissan X-Trail mengalami penurunan yang lebih parah, hingga 72 persen.

Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Antonio Zara mengatakan bahwa segmen ‘heavy SUV’ kini memiliki perkembangan yang paling tinggi. Dia juga tidak mengelak bahwa model disegmen tersebut menggerus segmen lain.

“Contohnya pada heavy SUV, itu sedang populer. Banyak orang pindah ke sana, sayangnya kami belum punya produk untuk segmen itu,” ucap Zara.

Melihat keadaan yang seperti itu, NMI tidak diam saja. Zara mengatakan bahwa mereka tengah menyiapkan model untuk berkompetisi di segmen tersebut. Namun saat ini dia masih belum mau membocorkan info lebih lanjut dari model yang akan bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Di pasar global sendiri, Nissan diketahui tengah mempersiapkan versi SUV dari Navara NP 300 pikap. Versi tersebut memang cocok menjadi pesaing Fortuner dan Pajero Sport karena keduanya juga dibuat dengan basis model pikap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here