Inilah Masalah Pada Motor Rossi di MotoGP Mugello 2016

Mugello – Seri ke enam MotoGP 2016 di sirkuit Mugello, Italia tidak berakhir baik bagi pembalap tuan rumah, Valentino Rossi yang terpaksa harus keluar balapan dan tidak mendapatkan poin. Hal ini dikarenakan motor YZR-M1 yang ditungganginya bermasalah dan sempat mengeluarkan asap putih yang tebal.

Rossi sendiri mengatakan bahwa Yamaha M1 yang ditungganginya mengalami masalah di beberapa lap sebelumnya. Masalah mulai dirasa Rossi pada lap keenam.

“Sayangnya di lap enam, motor mulai bermasalah dan kopling tidak terbuka. Mungkin karena mesin sudah mulai mengalami seize sedikit. Hal ini alasan saya melebar. Tapi dalam 7-8 tikungan, saya sudah kembali di belakang Lorenzo, karena saya sedikit lebih cepat, tapi kemudian mesin bermasalah,” kata Rossi.

Kondisi engine seize ini sendiri merupakan ketika mesin kehilangan pelumasan. Biasanya masalah ini terjadi ketika terjadi karat, panas berlebih atau beberapa masalah mekanis seperti adanya benda asing di dalam silinder atau kegagalan crankshaft bearing.

Rossi juga mengatakan bahwa masalah ini tidak hanya terjadi pada dirinya, namun juga dialami oleh rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Namun bedanya, Lorenzo mengalami masalah ini pada sesi pemanasan, sedangkan Rossi pada saat balapan.

“Saya pikir ada hal yang sama yang salah di kedua mesin (motor Rossi dan Lorenzo), namun perbedaan besar adalah bahwa Lorenzo terjadi di pemanasan dan buat saya itu terjadi dalam lomba,” kata Rossi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Suzuki Tawarkan Program Promo ‘Tripl3Bonus’ Dengan DP Mulai Rp 8 jutaan

Rossi Perkirakan Perakitan Mesin Yamaha M1 Bermasalah