Volkswagen Polo 1.4 Tidak Lagi Dipasarkan di Indonesia

Volkswagen Polo 1.2 TSI IIMS 2015 www.iotomotif.com

Jakarta – Volkswagen meluncurkan mobil hatchback Polo 1.2 TSI pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2015. Dan dengan hadirnya varian baru tersebut, PT Garuda Mataram Motor tidak lagi menjual varian yang sudah ada lebih dulu, Polo 1.4 TSI.

Salah satu alasan yang diutarakan adalah harga Polo 1.2 TSI yang lebih murah, tapi dari segi tenaga dan tampilan tidak kalah dengan varian Volkswagen Polo 1.4 TSI.

“Kami sudah enggak jual Polo 1.4 TSI lagi. Sekarang kan sudah ada 1.2 TSI. Harganya lebih murah, Rp259 juta. Kalau yang 1.4 TSI kan sempat sampai Rp 298 juta, dari awalnya Rp 260 jutaan,” ungkap Jonas Chendana, national sales manager PT Garuda Mataram Motor.

Dikatakan bahwa nilai tukar rupiah yang melemah terhadap euro membuat harga Polo 1.4 TSI mengalami kelonjakan.

“Karena pengaruh mata uang euro akhirnya naik Rp330 jutaan, sempat terjual ratusan unit. Kalau sekarang dengan harga segitu susah. Kami memang kalah di euro,” papar Jonas.

Dia juga menjelaskan bahwa pajak untuk menghadirkan mobil tersebut cukup tinggi karena didatangkan dari Afrika Selatan, sedangkan untuk Polo 1.2 TSI diimpor dari India.

“Yang satu dari Afrika (1.4), satu lagi dari Asia (India), pajaknya beda. Jadi karena sumbernya (asal negara) juga ada pengaruh,” tambah dia.

Seperti yang diketahui bahwa VW Polo 1.2 TSI mengusung mesin 1.197 cc, 4 silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan mencapai 105 bhp pada 5.000 rpm dan torsi 175 nm pada 1.500-4.100 rpm dan dipadukan dengan transmisi 7 percepatan otomatis dual clutch gearbox (DSG).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here