Suzuki Ertiga Diesel Meluncur di GIIAS 2016

Suzuki Indomobil Sales (SIS) tampak mulai berani melebarkan sayap mereka di pasar otomotif Tanah Air. Selama ini Suzuki di Indonesia selalu pilih-pilih dalam menawarkan pilihan mesin bagi produk yang mereka tawarkan di Indonesia dengan hanya menghadirkan varian bermesin bensin. Namun kali ini mereka melakukan langkah yang berbeda, dengan menghadirkan varian bermesin diesel untuk mobil MPV, Ertiga.

Agak mengejutkan akan hadirnya Suzuki Ertiga Diesel ini di Indonesia melihat kebiasaan SIS yang hanya menawarkan mobil dengan pilihan mesin bensin. Selama ini SIS hanya memasarkan Ertiga dengan mesin bensin, padahal di India, sudah sejak lama Ertiga memiliki varian bermesin diesel.

Sebenarnya wacana menghadirkan Suzuki Ertiga Diesel di Indonesia ini sudah lama muncul. Namun karena berbagai kendala membuat mobil ini tidak kunjung hadir. Salah satunya adalah kualitas bahan bakar solar yang ada di Indonesia.

Dan masalah kualitas bahan bakar solar ini tampak teratasi dengan hadirnya jenis bahan bakar baru Pertamaina, Dexlite. Bahan bakar solar tersebut memiliki kualitas yang lebih baik namun juga dengan harga yang terjangkau.

Salah satu sumber dari SIS mengatakan bahwa kemungkinan akan ada di GIIAS 2016 mendatang. “Ini sejarah baru, Ertiga diesel siap kita jual, mungkin di GIIAS sudah ada,” bisik sang sumber.

Suzuki Ertiga Diesel di India tampak memiliki tenaga dan efisiensi bahan bakar yang baik. Hadir dengan dapur pacu mesin diesel 1.3 liter berteknologi DDiS yang mampu menghasilkan tenaga 90 HP. Meski tenaga yang dihasilkan lebih rendah dari varian bermesin bensin, KB14B DOHC 4-silinder 1.400cc, namun torsi yang dihasilkan lebih besar, mencapai 200 Nm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here