Sekarang bagi masyarakat yang ingin membeli sepeda motor akan semakin dipermudah dengan berlakunya DP (down payment) atau uang muka hanya 10% saja. Aturan pemerintah terkait pembatasan minimal down payment (DP) alias uang muka kini tak berlalu lagi.

Sebelumnya Bank Indonesia mengeluarkan peraturan yang menetapkan minimal DP untuk pembelian sebesar 25% dari harga on the road motor. Dan ini secara resmi DP untuk pembelian sepeda motor menjadi 10% dari harga on the road.

“Aturan DP 25% sudah tak berlaku lagi. Pergerakan penjualan roda dua jadi melambat. Makanya, solusinya DP 10% diberlakukan kembali,” jelas Gunadi Sindhuwinata, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI).

Dengan ini, masyarakat lebih mudah untuk membeli sepeda motor. Bila konsumen ingin membeli sepeda motor dengan harga on the road Rp 15 juta, maka uang muka yang harus diberikan adalah Rp 15 juta x 10% atau menjadi hanya Rp 1,5 juta. Jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan peraturan sebelumnya dengan DP 25%, berarti Rp 15 juta x 25% dengan DP Rp 3,75 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here