Kehadiran Suzuki SX4 S-Cross di Indonesia banyak dibahas sejak tahun 2014 silam, saat mobil crossover segmen-C besutan Suzuki ini dipamerkan pada ajang IIMS 2014. Namun hingga saat ini, mobil tersebut masih belum dipasarkan di Tanah Air.

Namun kabar terbaru dari pihak Suzuki Indonesia, demi meningkatkan image mobil penumpang dan penguatan segmen SUV yang sedang tren, Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana merilis Suzuki SX4 S-Cross untuk Indonesia yang akan meluncur sebelum lebaran 2016. “Ini pihak kita sedang mempersiapkan semuanya. Sebentar lagi kok hadir, sebelum lebaran lah,” ujar sumber dari Suzuki yang tidak mau disebutkan namanya.

Jika hadir di Indonesia, demi menyesuaikan harga jual, tentu saja S-Cross akan mengalami pengurangan fitur dan perubahan spesifikasi khususnya pada mesin. Di India, Suzuki SX4 S-Cross hadir dengan pilihan diesel dan 7 varian tipe, dengan banderol harga di India mencapai Rp 176 jutaan untuk varian tipe terendah. Jika masuk Indonesia, jika dirakit lokal, Harga jual diperkirakan dapat mencapai kisaran harga Rp 200 juta sampai Rp 270 jutaan.

Suzuki S-Cross India sudah dilengkapi dengan berbagai fitur standar seperti rem ABS, dual Airbag, Electric folding ORVMs, AC otomatis, sandaran tangan di kursi belakang. Fitur lain seperti cruise control, sensor hujan pada wiper, sistem smartplay infotainment, tombol start/stop, parcel tray, projector headlamp otomatis, dan pelek berdiameter 16 inci, pun sudah terpasang untuk S-Cross versi India. Paling tidak, versi S-Cross Indonesia tidak akan berbeda jauh dengan versi India termasuk pada fitur yang disematkan.

Khusus untuk pasar Indonesia, pihak SIS tidak akan menghadirkan versi bermesin diesel mengingat konsumen Indonesia yang lebih menyukai mesin bensin dan kemungkinan terbesar akan memakai mesin Suzuki Ertiga, k14B 1.400cc. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here