Penjualan Yamaha NMAX Jauh Ungguli Honda PCX

IOTOMOTIF.com – Persaingan segmen skutik premium di Indonesia saat ini diisi oleh Yamaha NMAX dan Honda PCX. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berhasil meraih penjualan yang tinggi dengan NMAX dan bahkan jauh mengungguli pesaing dari Honda.

Memang Honda saat ini menguasai pangsa pasar sepeda motor di Indonesia dengan persentase hampir 80 %, akan tetapi segmen yang spesifik belum tentu mereka menang. Bahkan untuk segmen spesifik produk AHM tidak begitu digemari dengan penjualan yang tergolong kecil.

Dari data AISI, Yamaha NMAX terjual sebanyak 20.998 unit pada bulan Maret 2016. Penjualan ini meningkat drastis dibandingkan dengan bulan yang terjual sebanyak 13.999 unik, ini berarti mengalami peningkatan sebanyak 6.999 unit.

Sedangkan untuk pesaingnya, Honda PXC yang didatangkan secara CBU hanya terjual sebanyak 608 unit pada periode yang sama. Meski begitu, skutik premium tersebut juga mengalami peningkatan penjualan dibandingkan dengan bulan Februari 2016 yang terjual sebanyak 343 unit.

Tidak mengherankan bila Yamaha NMAX banyak diminati masyarakat. Selain dengan harga yang lebih terjangkau karena diproduksi secara lokal, Rp 24 juta untuk tipe non ABS dan Rp 27.9 juta untuk tipe ABS. NMAX juga hadir dengan berbagai fitur yang lebih menarik dibandingkan dengan kompetitornya.

Yamaha NMAX hadir dengan dapur pacu mesin satu-silinder 150cc SOHC 4-klep Fuel Injection BlueCore dengan VVA dan pendingin liquid-cooled yang memiliki tenaga 14.89 HP pada 8.000 rpm dan torsi 14.4 Nm pada 6.000 rpm.

Sedangkan untuk Honda PCX dibanderol dengan harga Rp 39.8 juta dan dengan berbagai fitur yang bila dibandingkan dengan NMAX berada satu kelas di bawahnya. Tidak hanya itu, rem belakang Honda PCX masih menggunakan tromol, sedangkan Yamaha NMAX sudah menggunakan double disk-brake untuk rem depan dan belakang.

Untuk jantung pacu Honda PCX sendiri menggunakan mesin 150cc SOHC berpendingin liquid-cooled dengan injeksi PGM-FI dan teknologi eSP yang mampu menghasilkan tenaga 13.28 HP pada 8.500 rpm dan torsi 13.7 Nm pada 5.500 rpm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here