Home » Review » Comparisons » Perbedaan Toyota Sienta dan Honda Freed
Comparisons

Perbedaan Toyota Sienta dan Honda Freed

IOTOMOTIF.com – Toyota baru saja meluncurkan mobil MPV baru di pasar otomotif Tanah Air, Toyota Sienta yang menjadi pesaing baru Honda Freed pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Honda Freed sendiri sudah hadir sejak tahun 2009. Pasar segmen MPV boxy yang diisi oleh kedua model tersebut sebenarnya tidak begitu banyak peminatnya bila dibandingkan dengan segmen low MPV.

Toyota Sienta di Indonesia sendiri ditawarkan dengan harga antara Rp 230 juta hingga Rp 290 jutaan. Kedua mobil, Sienta dan Freed sama-sama memiliki desain body boxy dan pintu geser (sliding door). Meski begitu perbedaan kedua mobil lebih banyak lagi.

Eksterior

Toyota Sienta

Toyota Sienta di Indonesia ditawarkan dalam empat pilihan tipe, E, G, V, dan Q. Semua tipe tersebut hadir dengan pintu geser, rem cakram depan dan belakang, serta sensor parkir. Sedangkan fitur Power Sliding door yang mempermudah penumpang untuk masuk dan keluar mobil hanya tersedia untuk tipe Q, V, dan G. Terdapat juga retractable outer mirror dan pelek alloy 16 inci dengan perpaduan dua warna yang tersedia untuk tipe Q dan V. Sedangkan khusus untuk tipe Q hadir dengan lampu depan LED projector dengan autoleveling.

Mobil memiliki dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.695 mm dengan tujuh pilihan warna, dark brown mica metallic, quartz brown metallic, orange metallic, super white, silver metallic, gray metallic, dan attitude black mica.

Honda Freed

Freed mendapatkan penyegaran terakhir pada tahun 2014. Di Indonesia dipasarkan dalam dua tipe, S dan E. Honda Freed hadir dengan grille dengan detail krom dan headlight reflector. Memiliki Power Sliding Door dengan remote control dan lantai mobil yang rata untuk memudahkan keluar masuk mobil.

Tidak hanya itu, pintu juga dilengkapi dengan fitur fuel lid auto lock safety system yang mencegah power sliding door terbuka penuh saat tangki bensin sedang terbuka. Power retractable door mirror untuk membuka tutup kaca spion secara otomatis serta dengan pelek 15 inci. Sedangkan untuk tipe E mendapatkan tambahan kamera parkir belakang, dan tipe S ada tambahan lampu kabut.

Freed memiliki dimensi panjang 4.215 milimeter, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.740 mm dengan lima pilihan warna, premium cosmic violet pearl, taffeta white, alabaster silver metallic, crystal black pearl, dan polished metal metallic.

Interior

Toyota Sienta

Di dalam kabin, Sienta memiliki corak batik di list dashboard yang membuatnya makin menarik. Pada baris kedua Sienta tidak dilengkapi dengan captain seat, berbeda dengan Freed. Karena itu, jumlah penumpang mobil MPV ini lebih banyak, dengan baris kedua bisa diisi oleh tiga penumpang dan baris kedua dengan dua penumpang. Untuk memberikan kenyamanan lebih, Sienta juga dilengkapi dengan banyak ruang penyimpanan barang, seperti di bawah jok, dinding pintu, belakang jok, dan dasbor.

Pada tipe Q dan V, roda kemudi dibalut dengan kain yang sudah dilengkapi tombol pengaturan audio di tengahnya serta tombol start dan stop untuk mempermudah menyalakan mobil.

Tipe Q juga mendapatkan layar MID pada instrument cluster dan new dual-layer dashboard dengan three dimensional panel design. Untuk tipe E mendapatkan AC double blower, sistem audio head unit layar sentuh, dan pilihan warna kabin.

Honda Freed

Pada bagian dalam, Honda Freed memilik dashboard dengan desain bertingkat. Jok baris kedua juga ditawarkan dengan konsep captain seat yang mempermudah penumpang untuk berpindah posisi ke jok baris ketik.

Hadir dengan head unit layar sentuh untuk system audio. Roda kemudi yang juga sudah dilengkapi dengan tombol audio. Tidak hanya itu, untuk memberikan keamanan lebih pada anak, Honda juga memberikan jok Isofix.

Mesin

Toyota Sienta

Hadir dengan jantung pacu mesin berkode NR yang sudah berteknologi Dual VVT-I dengan kapasitas 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 107 ps pada 6.000 rpm dan torsi 14.3 kgm pada 4.200 rpm. Toyota mengklaim mesin baru ini hadir dengan performa tenaga lebih besar dan juga ramah lingkungan.

Honda Freed

Memiliki jantung pacu mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 118 ps dengan torsi maksimal 14,9 kgm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis lima percepatan yang menyalurkan tenaga ke roda depan. Mesin ini diklaim Honda lebih hemat bahan bakar.

Fitur Keamanan

Toyota Sienta

Untuk menjamin keamanan seluruh penumpang, Toyota memberikan seluruh tipe Sienta dengan fitur keselamatan dual-SRS airbag, antilock brake system (ABS), vehicle stability control (VSC), dan jok Isofix untuk tempat duduk anak-anak. Khusus tipe Q mendapat tambahan fitur hill start assist control (HSA).

Honda Freed

Pada Freed, mobil ini memiliki struktur body G-CON + ACETM yang melindungi kabin ketika terjadi benturan dengan menyerap energi yang dihasilkan karena benturan dari berbagai sisi dan meminimalkan kerusakan pada kabin penumpang jika terjadi tabrakan. Fitur keselamatan lain seperti Dual SRS front airbags, ABS dan EBD. Dan untuk mencegah terjadinya pencurian, Freed juga dilengkapi dengan fitur keamanan Immobilizer Anti-Theft System dan Security Alarm.

Harga

Harga tentu saja menjadi salah satu bagian terpenting dalam membeli suatu mobil.

Toyota Sienta

Sebagai peserta baru segmen MPV boxy di Indonesia, mobil ini langsung ditawarkan dengan banyak varian yang membuatnya memiliki range harga lebih luas, mulai Rp 230 juta hingga Rp 295 juta.

Honda Freed

Mobil MPV boxy dari Honda ini hanya ditawarkan dengan dua tipe yang membuatnya memiliki range harga jauh lebih kecil dibandingkan pesaingnya, Sienta. Honda Freed tipe S dibanderol dengan harga Rp 273,3 juta dan E Rp 294,3 juta on the road Jakarta.