Honda Kembangkan Transmisi DCT, Bisa Juga Untuk New CBR250RR

IOTOMOTIF.com – Honda saat ini tengah mengembangkan transmisi baru, DCT (Dual-Clutch Transmission) untuk model motor sport mereka. Kabar ini datang langsung dari insinyur DCT Honda, Kosaku Takahashi.

Dia mengatakan bahwa transmisi Dual-Clutch diracik untuk line up sportbike Honda. Bisa jadi transmisi ini juga akan digunakan pada motor sport New CBR250RR dua-silinder yang dikabarkan akan hadir tidak lama lagi.

Takahasi juga menjelaskan bahwa bila ada sepeda motor Honda dengan bobot yang sama menggunakan transmisi berbeda, satu DCT dan satunya transmisi biasa, maka motor yang menggunakan transmisi DCT akan berlari lebih cepat. Hal ini dikarenakan perpindahan gigi transmisi baru tersebut lebih halus dan mampu meminimalisir kehilangan tenaga. Dia bahkan menggambarkan bila motor Honda RC213V yang digunakan pada ajang balap MotoGP menggunakan transmisi DCT, maka motor tersebut akan berlari lebih kencang dibandingkan dengan model yang menggunakan seamless-shift gearbox. Dan tentu saja dengan perbandingan bobot yang sama.

Namun meski memiliki keunggulan tersebut, sistem DCT ini sayangnya menambah bobot hingga 10 kg yang tentu saja membuat motor memiliki berat yang tak sama dengan model bertransmisi biasa. Takahasi mengatakan bahwa Honda masih berusaha mengatasi masalah bobot tersebut.

Perangkat DCT ini dikembangkan untuk jajaran moge sportbike Honda terlebih dahulu, seperti model CBR1000RR Fireblade dan CBR600RR. Akan tetapi beberapa model Honda sudah mengaplikasikan Dual-Clutch Gearbox seperti Honda VFR1200F, NC750X, Africa Twin dan Integra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here