Harga Datsun T-Style di IIMS 2015 www.iotomotif.com

IOTOMOTIF.com – Saat ini standar emisi gas buang mesin mobil di Indonesia masih berstandar Euro II. Melihat perkembangan teknologi yang makin maju terkait lingkungan, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berencana untuk menaikkan standar emisi gas buang mobil di Indonesia menjadi Euro IV tahun ini.

Menghadapi hal tersebut, Indriani Hadiwidjaja selaku Head of Datsun Indonesia mengatakan bahwa mereka Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Tanah Air, Datsun sudah pasti akan mengikuti peraturan yang diberikan pemerintah, namun saat ini masih belum bisa berkomentar banyak.

“Sebenarnya masih terlalu cepat untuk memberikan komentar. Tetapi, kita sebagai ATPM akan ikut rencana pemerintah,” kata Indri.

Indri juga menjelaskan bahwa mereka tidak bisa dibilang siap atau tidak menghadapi berlakunya regulasi tersebut karena saat ini kondisi dan detailnya seperti apa belum jelas.

“Kita masih belum tahu kondisinya (mekanisme penerapan Euro IV). Selama ini kan masih wacana,“ kata Indri.

Saat ini draf draft peraturan emisi Euro IV dikatakan sudah diserahkan ke biro hukum. Dan bila ditandatangani tahun ini, maka peraturan Euro IV untuk mobil akan berlaku pada 2018 untuk kategori mobil baru, sedangkan untuk kendaraan yang saat ini sudah diproduksi dan dijual baru bisa ikut pada 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here