IOTOMOTIF.com – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi buka pabrik ketiga mereka yang terletak di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (7/3/2016). Pabrik baru Toyota di Indonesia ini akan memproduksi mesin bensin alumunium bertipe R-NR yang digunakan untuk kendaraan penumpang.

“Saya sangat senang dapat menyampaikan bahwa pabrik mesin baru di Karawang ini adalah salah satu pabrik mesin Toyota terkini di dunia yang dilengkapi dengan desan dan teknologi terbaru. Pabrik ini memproduksi mesin R-NR yang juga merupakan bagian dari jajaran mesin baru TMC (Toyota Motor Corporation) dan akan diekspor ke negara-negara Asia,” ujar Presiden Direktur TMMIN M Nonami.

Pabrik ini direncanakan untuk memproduksi sebanyak 216 ribu unit mesin per tahun. Untuk membuka pabrik ini, Toyota menginvestasikan sebesar Rp 2,3 triliun untuk biaya pembangunan dan pengoperasian.

“Pabrik, mesin, dan kegiatan ekspor baru ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus memberikan kontribusi, khususnya terhadap perkembangan industri automotif Indonesia dan ekonomi Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

Sedangkan Saleh Husin selaku Menteri Perindustrian dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa dia berharap pabrik baru ini mampu untuk memantapkan peran industri otomotif Indonesia.

“Harapan saya, semoga dengan diresmikannya pabrik ketiga milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ini akan semakin meningkatkan dan menetapkan peran produk industri automotif Indonesia dalam mengisi pasar domestik maupun global, terutama di kawasan Asia,” kata Husin.

Mesin R-NR 1,3 dan 1,5 liter yang diproduksi di pabrik baru Toyota tersebut memiliki kandungan lokal hingga 80%.

Baca  Harga dan Promo Skutik SYM di IMOS 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here