Home » News » Nasional » Perbedaan Piston Suzuki Satria F150 Injeksi dan Karburator
Nasional

Perbedaan Piston Suzuki Satria F150 Injeksi dan Karburator

IOTOMOTIF.com – Suzuki menghadirkan versi terbaru Satria F150 yang telah menggunakan teknologi sistem injeksi. Dan bila dilihat dari data spesifikasi piston dan stroke Suzuki All New Satria F150 FI dan Satria F150 karburator, keduanya sama. Memiliki piston dengan diameter 62 mm dan stroke 48,8 mm. Meski begitu, keduanya memiliki perbedaan.

Apa saja perbedaannya? Pada Suzuki Satria karburator memiliki tinggi 45 mm, di Satria injeksi hanya 39 mm. Dan ring piston lebih tipis dibandingkan dengan Satria lama.

Pada Suzuki Satria Injeksi memiliki ring piston dengan ketebalan 0,8 mm, sedangkan pada versi karburator dengan ketebalan 1 mm. Dengan ketebalan yang lebih tipis ini membuat gesekan antara blok silinder dengan piston makin sedikit, dan ini berarti naik turun piston lebih ringan dari sebelumnya. Ukuran pin piston juga lebih kecil, dari 16 mm menjadi 15 mm. Tidak hanya itu, berat total juga berkurang hingga 16%.

“Berat total juga lebih ringan sekitar 16% dari sebelumnya,” terang Josep Antony selaku Trainner, PT Suzuki Indomobile Sales (SIS).

Dengan bobot piston yang berkurang, hilangnya tenaga ketika terjadi gesekan bisa diminimalisir. Kompresi mesin juga lebih tinggi, kini menjadi 11,5:1 dari sebelumnya 10,2:1.