Target Penjualan Toyota Rush Lebih Rendah Dibanding Honda BR-V

IOTOMOTIF.com – Toyota menghadirkan dua varian sporty untuk produk SUV mereka, Toyota Rush Sportivo Ultimo dan TRD Sportivo. Mobil yang berada di segmen SUV medium ini sejak akhir tahun lalu memiliki pesaing baru dari Honda, BR-V. Dengan kehadiran pesaing baru tersebut, produk Toyota Astra Motor (TAM) ini bisa jadi bergeser dari posisinya sebagai model terlaris segmen SUV.

Bahkan pada peluncuran varian sporty TRD Sportivo Rush, Presiden Direktur TAM, Hiroyuki Fukui mengungkapkan bahwa target penjualan Toyota Rush tahun ini rendah hati”, yakni sekitar 1.800 unit per bulan atau menjadi 21.600 per tahun. Target penjualan tersebut sudah termasuk dengan varian baru.

Sedangkan Wakil Presiden Direktur TAM Henri Tanoto menjelaskan bahwa segmen medium SUV terus mengalami peningkatan sejak 2014. Pada tahun 2014, kontribusi pasar nasional mencapai 5 % dan meningkat menjadi 7 % pada tahun 2015.

“Kami melihat komposisi pasarnya meningkat ke 8 – 9 persen tahun ini. Jadi kalau peluang pasarnya cukup besar, dengan perubahan-perubahan yang mengarah ke kenyamanan dan stylish itu Rush bisa lebih diterima lagi oleh pengguna SUV,” kata Henry.

Model SUV yang hadir sejak tahun 2006 ini diklaim sebagai SUV terlaris di Indonesia dengan total penjualan mencapai 212.000 unit. Dan Toyota sendiri masih optimis Rush mampu menjadi pemimpin pasar di kelasnya.

Meski begitu ternyata target penjualan mobil yang berada di segmen SUV medium tersebut berada di bawah pesaingnya, Honda BR-V. Mobil SUV dari Honda yang dijual sejak Januari 2016 lalu ditargetkan terjual 3.250 unit per bulan dengan target penjualan tahun 2016 ini mencapai 39.000 unit. Target ini jauh lebih tinggi dari Rush yang ditargetkan per bulan hanya 1.800 unit.

Dari data wholesales Gaikindo pada Januari 2016 lalu, Toyota Rush terjual sebanyak 1.380 unit, Daihatsu Terios 1.149 unit. Sedangkan Honda BR-V sebanyak 6.627 unit. Memang penjualan BR-V terlihat besar, namun penjualan tersebut merupakan hasil pemesanan sejak tahun lalu, dan masih belum diketahui angka penjualan stabil mobil tersebut.

“Target yang diungkapkan Fukui san itu minimum, melihat dari sejarahnya Rush sejak tahun lalu. Dari rekaman di Januari dan perubahan yang dilakukan harapan kami sih bisa lebih dari itu,” ucap Herny.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here