F1 2017 Siapkan Pelindung Kokpit, Ban Dan Downforce Besar

IOTOMOTIF.com – Ajang balap jet darat paling bergengsi, Formula-1 musim 2017 mendatang akan mendapat beberapa perubahan yang cukup besar. Seperti yang telah diumumkan beberapa waktu lalu pada pertemuan di Geneva, Switzerland. Mulai musim 2017, balap Formula-1 akan mengadopsi aturan baru,antara lain; Pelindung kepala pada kokpit pengemudi, ban yang lebih lebar dan sayap depan serta belakang lebih lebar sehingga menambah downforce.

Aturan baru dari Federasi Otomotif Internasional atau FIA (Federation Internationale de l’Automobile) tersebut disusun untuk meningkatkan keselamatan dalam balap, terutama konsep pelindung cockpit yang masih diperdebatkan. Seperti dalam keterangan resminya FIA mengutarakan niatnya memperkenalkan beberapa bentuk pelindung kokpit.

Banyak pihak terkait bekerja sama untuk mewujudkan hal tersebut, dan konsep pelindung kokpit “HALO” dari Mercedes-Benz nampaknya banyak disukai. Namun ada beberapa pilihan lain seperti perlindungan kokpit trasnparan dan akan terus dievaluasi.

Isu pelindung kepala pada kokpit banyak dibahas setelah sebelumnya terjadi kecelakaan pembalap meninggal karena luka di kepala. Pada bulan Oktober 2014, pembalap Formula-1, Jules Bianchi mengalami tabrakan yang mengakibatkan cedera kepala dan akhirnya menyebabkan kematian pada bulan Juli 2015. Selanjutnya hanya dalam waktu satu bulan setelah kematian Bianchi, pembalap IndyCar, Justin Wilson mengalami luka kepala dari puing kecelakaan di Pocono Raceway dan meninggal pada hari berikutnya.

Lalu aturan baru untuk Formula-1 pada perubahan bodywork yang berfokus untuk meningkatkan daya downforce untuk menurunkan waktu lap sehingga membuat mobil lebih mengasyikkan. Panjang mobil akan meningkat 200mm menjadi 2000mm; sayap depan lebih lebar 150mm menjadi 1800mm dan sayap belakang lebih lebar 250 menjadi 950mm. Posisi duduk lebih rendah 150mm dengan ketinggian 800mm.

Ban juga akan lebih lebar, dengan rincian untuk ban depan saat ini memiliki lebar 245mm akan menjadi 305mm dan ban belakang saat ini 325mm akan lebih lebar menjadi 405mm. Pihak FIA, tim dan pemasok ban akan melanjutkan diskusi terkait solusi terbaik untuk pengujian ban baru sesuai aturan 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here