Solarlite, BBM Baru Mesin Diesel Dari Pertamina Meluncur Tahun Ini

IOTOMOTIF.com – Setelah sebelumnya menghadirkan versi baru Pertalite, PT Pertamina (Persero) kembali menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru bernama Solarlite. BBM untuk mesin diesel tersebut dikatakan masih dalam tahap studi dan rencananya dijual pada semester kedua tahun ini.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan bahwa mereka masih terus melakukan studi untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Solarlite nantinya memiliki kualitas di bawah Pertamina Dex.

“Kami terus uji agar mendapatkan spesifikasi yang sesuai harapan. Targetnya, kami luncurkan tahun ini pada semester kedua. Tepatnya kuartal berapa, saya belum bisa bocorkan karena masih menunggu hasil uji lab,” ujar Wianda saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (25/2/2016).

Solarlite nantinya akan ditempatkan diantara Pertamina Dex dan Solar (biasa). Untuk saat ini masih belum diketahui kadar sulfur yang bakal terkandung di dalamnya.

Wianda juga menjelaskan bahwa setelah uji lab nanti, hal yang akan dilakukan Pertamina selanjutnya adalah mendaftarkan Solarlite ke Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas).

“Setelah mendaftarkan nama itu, Solarlite mulai kita jual, tetapi secara bertahap seperti saat dulu menjual Pertalite,” kata Wianda.

Untuk masalah harga sendiri, pastinya lebih murah dari pada Pertamina DEx dan lebih mahal dari Solar biasa.

“Sekarang ini, Pertamina Dex dijual Rp 9.600 per liter. Pasti di bawah itu harganya. Namun, saya belum bisa bocorkan berapa karena kami juga belum menentukan. Yang jelas lebih murah. Bisa jadi, beda sama seperti penentuan harga Pertalite dengan Pertamax atau dengan Premium,” ujar Wianda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here