Yamaha R15 Sudah Waktunya Dapat Penyegaran

Yamaha R25 dan R15 Monster Tech3 MotoGP www.iotomotif.comYamaha R25 dan R15 Monster Tech3 MotoGP www.iotomotif.com

IOTOMOTIF.com – Versi saat ini Yamaha YZF-R15 dikatakan sudah beredar di pasar terlalu lama. Memang versi saat ini Yamaha R15 sebagai produk global, sudah hadir sejak 5 tahun yang lalu dan bila dilihat dari rentan waktunya sudah waktunya mendapatkan major change.

Generasi pertama Yamaha R15 hadir pada tahun 2008 dengan desain buritan mirip Vixion lama dan jok menyatu. Versi kedua hadir tiga tahun kemudian, tepatnya pada September 2011 dan mendapatkan nama v2.0 di India.

Untuk pasar Indonesia sendiri, motor sport full fairing tersebut baru masuk pada tahun 2014, atau tiga tahun setelah meluncur di India.

Dan bila dilihat dari para pesaingnya, seperti Honda CBR150R, motor ini sudah mendapatkan penyegaran berkali-kali. Bila dihitung, CBR150R sudah 4 kali ganti desain dan juga spesifikasi mesin. Namun memang motor sport dari Honda itu lahir jauh lebih dulu dari Yamaha R15 dengan selisih hingga 6 tahun.

Generasi pertama Honda CBR150R hadir dengan sasis twin-spar (deltabox) dan sistem bahan bakar karburator dan diluncurkan oleh AP Honda Thailand pada tahun 2002. Motor ini sempat masuk ke pasar otomotif Tanah Air dengan status CBU (Completely Built-Up) dengan harga sekitar Rp 30 jutaan.

Pada tahun 2010, Honda Thailand melakukan penyegaran pada CBR150R dengan desain yang mirip CBR250R. Motor tersebut juga sudah memiliki sistem PGM-FI dan rangka masih deltabox. Versi ini juga yang dipasarkan di Indonesia dengan status build up.

Dan pada tahun 2014 menghadapi Yamaha R15 yang diproduksi secara lokal, Honda CBR150R juga akhirnya diproduksi secara lokal. Generasi ketiga Honda CBR150R tersebut hadir dengan desain baru dengan rangka teralis. Versi lokal Honda CBR150R dengan kode K45 tersebut tidak dilengkapi dengan deltabox karena dinilai terlalu mahal.

Dan hanya berjarak 2 tahun dari versi lokal CBR150R K45, Honda pada awal tahun ini meluncurkan generasi ke-empat All-New CBR150R yang memiliki banyak perbedaan dengan versi lama, seperti pada desain serta mesin.

Bila dibandingkan dengan Honda CBR150R, memang Yamaha R15 sudah waktunya mengalami penyegaran agar mampu kembali menarik minat para konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here