IIMS 2016 Sudah Masuki Masa Teknis Persiapan

IOTOMOTIF.com – Pada tahun ini akan kembali digelar pameran otomotif penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS). Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pameran digelar lebih cepat, pada 7-17 April, tidak seperti biasanya yang diadakan pada sekitar bulan Agustus – September.

Hendra Noor Saleh selaku Direktur Dyandra Promosindo dalam keterangan resmi mengatakan bahwa saat ini IIMS 2016 sudah memasuki proses teknis persiapan dan ada beberapa APM besar yang tengah menyusun program khusus yang akan ditawarkan pada pameran nanti.

“Kini sudah masuk proses teknis persiapan. Ada beberapa APM besar yang tengah menyusun program khusus di IIMS 2016 dengan permintaan area tertentu. Kami sendiri selaku penyelenggara sudah melakukan berbagai perubahan berdasarkan evaluasi tahun lalu namun tetap mengusung konsep The Essence of Motor Show, konsep yang mensinergikan semua elemen otomotif dengan nuansa edukasi dan entertaintment,” ucap Hendra.

Dikatakan bahwa tahun ini aspek entertainment menjadi poin penting untuk mendukung serapan pengunjung. Tujuan utama pameran adalah promosi dan penjualan, tapi itu hanya akan efektif jika crowd-nya mendukung. Semakin padat pengunjung maka potensi transaksi pun semakin tinggi. Di tengah sulitnya perekonomian nasional tahun lalu, IIMS 2015 menyedot 359.374 pengunjung dengan nilai transaksi Rp 1,6 triliun. Dengan situasi ekonomi terkini, besar harapan melampaui angka tersebut. “Target tahun ini tak muluk-muluk, 380.000 pengunjung. Itu target realistis, berpotensi lebih karena momen menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri dimana umumnya persiapan mudik dan liburannya disiapkan sejak jauh hari,” imbuhnya.

Masih menggandeng Grand Prix International (GPI) Thailand (penyelenggara Bangkok International Motor Show) guna mengentalkan nuansa internasional, Dyandra sebagai Professional Exhibition Organizer juga tetap mengedepankan pengembangan industri lokal. Mulai dari sektor industri komponen, FIN Komodo yang mobil murni buatan Indonesia, sampai prototype mobil listrik karya mahahasiswa. Hal ini sejalan dengan misi dan upaya pemerintah yang terus mendorong pertumbuhan industri otomotif lokal.

“Setiap kesempatan sekelas IIMS ini seyogyanya memang memberi manfaat bagi industri lokal. Di setiap langkah, national interest harus jadi fokus kita. Dengan pengalaman panjang selama ini, saya yakin IIMS 2016 akan lebih meriah dan sukses dari tahun lalu,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin saat beraudiensi dengan Dyandra Promosindo.

Kemeriahan itu diamini oleh Presiden Direktur Dyandra Promosindo Ery Erlangga dengan memaparkan kembali roh dari konsep The Essence of Motor Show. Bukan sekadar ajang pamer otomotif, tapi IIMS menjalankan fungsi untuk menguatkan sinergi semua elemen otomotif dengan cara edukatif dan menghibur, namun tetap fokus pada kenyamanan pengunjung, hadirnya teknologi tertinggi, dan tentu saja pada akhirnya adalah peningkatan penjualan para exhibitors. “Banyak sekali acara pendukung tahun lalu yang dipertahankan karena terbukti bisa menjadi wacana pendidikan dan rekreasi keluarga, seperti Military Zone yang ternyata mendapat sambutan sangat tinggi. Seperti tahun lalu, 50-an supporting event disiapkan untuk memanjakan pengunjung. Tentu saja dibarengi berbagai kegiatan sosial seperti tradisi IIMS,” jelasnya.

Hendra maupun Ery menjanjikan acara-acara pendukung itu akan dikemas dengan sentuhan yang lebih fresh dan inovatif. Berbagai program unggulan seperti IIMS Rock Crawling, IIMS Drift War, IIMS Scooter War dan lain-lain akan dikemas dengan format baru. Salah satu program baru kami yaitu IIMS Edu Class yang mengudang para pelajar untuk mengikuti workshop dengan tema yang bervariasi seputar industri otomotif ini akan menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya.

“Yang benar-benar baru adalah tambahan program CSR, yakni Safety Road Education to Children. Sangat penting memberikan edukasi sejak dini soal disiplin dan keselamatan berkendara bagi anak. Acaranya dikemas dan disesuaikan dengan dunia anak-anak. Semakin layaklah IIMS menjadi salah satu ikon wisata dan belanja keluarga seperti sebelumnya diapungkan Pemprov DKI Jakarta,” pungkas Hendra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here