Yamaha R15 DOHC Terbaru Gunakan Rangka Teralis dan Shock USD

IOTOMOTIF.com – Beberapa waktu yang lalu terdengar kabar bahwa Yamaha R15 terbaru menggunakan mesin DOHC. Dikabarkan mesin DOHC tersebut menggunakan teknologi SOHC + VVA yang juga digunakan pada Yamaha NMAX.

Memang bila dilihat dari keiritan bahan bakar, mesin SOHC lebih irit dan minim perawatan, namun bukan performa yang menjadi perhitungan. Karena mesin SOHC 150 cc Yamaha ternyata sudah hampir berumur 10 tahun, terhitung sejak Yamaha Vixion pertama pada tahun 2007. Dan tampaknya memang mustahil mesin tersebut terus digunakan hingga akhir dekade ini.

Tidak hanya menggunakan mesin DOHC saja, Yamaha R15 terbaru juga dikabarkan akan menggunakan rangka teralis yang berarti rangka deltabox ditinggalkan. Memang rangka teralis memiliki biaya produksi yang lebih rendah untuk motor naked maupun full fairing. Karena itulah banyak motor sport fairing maupun naked 250 cc menggunakan rangka teralis.

Namun bukan berarti rangka detalbox terlalu mahal hingga tidak terjangkau. Diperkirakan ada alasan lain yang menyebabkan penggunaan rangka tersebut, seperti penggunaan suspensi upside-down di R15. Hal ini memang sudah terlihat dengan Yamaha Xabre yang sudah menggunakan suspensi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here