Pembagian SIM C Baru Dikatakan Berlaku Tahun Depan

IOTOMOTIF.com – Pemerintah dikabarkan akan membagi surat ijin mengemudi pengendara motor dalam tiga golongan, SIM C, C1 dan C2 berdasarkan pada kapasitas mesin. Setiap kali kabar mengenai SIM C baru ini, tanggal peluncuran selalu berubah. Ada info yang mengatakan akan meluncur pada Mei 2016, ada yang bilang April, bahkan Maret tahun ini.

Dan kabar baru berbeda lagi mengenai waktu berlakunya SIM C ini dengan pihak Korlantas mengatakan bahwa pembagian kategori SIM C paling cepat baru berlaku tahun ini.

“Keinginan untuk membedakan SIM C ini memang benar akan kami lakukan. Tetapi belum final. Masih dalam tahap persiapan,” jelas Kombes Unggul Sedyantoro, Kabagkamsel Korlantas Polri.

Menurutnya, pihak kepolisian masih belum bisa menerbitkan pembagian kategori SIM C paling cepat tahun depan karena belum ada surat keputusan dari Peraturan Kapolri alias Perkap. “Perkapnya belum keluar. Masih menunggu terlebih dahulu. Perkap ini akan dibahas terlebih dahulu sebelum diputuskan,” ungkap Kombes Unggul.

Dan setelah keluar Perkap, akan dilakukan terlebih dahulu sosialisasi dan persiapan infrastruktur yang diperlukan. Ini berarti memang kemungkinan terbesar dilaksanakannya peraturan SIM C baru ini baru berlaku tahun depan.

Seperti yang diketahui, SIM C akan terbagi dalam tiga kategori, yaitu SIM C, C1, dan C2. SIM C akan digunakan untuk sepeda motor berkapasitas mesin di bawah 250 cc, SIM C1 untuk motor di atas 250 cc dan C2 untuk motor di atas 500 cc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here