IOTOMOTIF.com – Pada balap motor MotoGP 2016 yang akan dimulai beberapa bulan lagi, Donra selaku promotor memberlakukan beberapa peraturan baru. Peraturan yang dikeluarkan ini dikatakan untuk menyesuaikan dengan ketentuan teknis ECU tunggal yang juga akan berlaku mulai tahun ini.

Pada tahun ini memang banyak peraturan baru yang berlaku, lebih banyak ketentuan yang berubah dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini berlaku baik untuk tim pabrikan maupun tim non pabrikan.

Pada musim balap MotoGP 2016, jumlah bahan bakar yang digunakan sama pada semua tim, baik tim pabrikan non konsesi (Honda, Yamaha, Ducati) maupun tim konsesi (Suzuki, Aprilia) dengan jatah bahan bakar 22 liter ketika balapan berlangsung. Pada musim balap yang lalu, tim pabrikan mendapatkan jatah bahan bakar 20 liter sedangkan tim pada kelas terbuka 24liter.

Perubahan lain pada musim 2016 ini adalah jumlah mesin yang digunakan. Tim pabrikan non konsesi mendapatkan jatah 7 mesin dalam setahun tanpa adanya pengembangan. Sedangkan untuk tim konsesi menggunakan 9 mesin dalam setahun dan diperbolehkan mengembangkan mesin selama musim balap berlangsung.

peraturan-motogp-2016

Perbeedaan lain pada tim konsesi dan non konsesi pada MotoGP 2016 adalah jumlah tes yang dapat dilakukan selama musim balap MotoGP 2016 berlangsung. Tim non konsesi diperbolehkan melakukan tes private selama 5 hari saja, sedangkan untuk tim konsesi tanpa adanya batasan waktu.

READ  Ini Dia, Livery 'Seragam' Baru Yamaha M1 di MotoGP 2013