MotoGP: Fans Marquez Akan Absen di GP Italia 2016

IOTOMOTIF.com – MotoGP memasuki musim baru tahun 2016, namun berbagai kejadian maupun perselisihan tahun lalu tampaknya masih akan berlanjut tahun ini. Salah satunya berdampak pada para fans fanatik Marc Marquez yang memutuskan tidak akan menonton MotoGP Italia 2016 secara langsung yang akan berlangsung pada 20–22 Mei di Sirkuit Mugello.

Hal ini dikarenakan faktor keamanan dan keselamatan terkait konflik antara pembalap asal Spanyol dan Italia pada musim lalu.

Dari akun resmi Facebook fans club Marquez mengatakan bahwa mereka khawatir akan keamanan para anggotanya. Diungkapkan bahwa mereka sering mendapat ancaman dari para penggemar Valentino Rossi.

Pernyataan resmi Fans Club Marquez Italia:

Dengan kekecewaan yang besar, kami menginformasikan bahwa Fans Club Marc tidak akan hadir di Mugello terkait keamanan dan keselamatan anggota. Kami sedih harus mengambil keputusan ini, tapi situasi saat ini tidaklah baik dan keadaannya begitu berbahaya.

Kekecewaan terbesar kami adalah tak bisa mendukung Marc seperti biasa, tapi beginilah situasinya. Kami tak mau mengambil risiko yang begitu tinggi. Sangat disayangkan penggemar tak bisa bebas datang tanpa menghadapi risiko diancam, dilempari benda-benda, atau diludahi. Sayangnya, kami sampai pada titik ini.

Kami harap keputusan ini dapat dimaklumi demi kebaikan anggota fans club. Tahun lalu, kami sudah mendapat ancaman di Mugello dan Misano. Sayang, ada saja penggemar pembalap lain yang tak paham bahwa rivalitas antarpembalap tak harus berlanjut pada konfrontasi di antara penggemar di tribun.”

Memang konfrontasi pada ajang balap MotoGP 2015 berbeda dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Konfrontasi antara dua pembalap tersebut diawali dari pernyataan Rossi pada jumpa pert MotoGP Malaysia 2015 yang mengatakan bahwa Marquez sengaja membantu Jorge Lorenzo agar berhasil mendapatkan posisi depan di Australia.

Ketegangan kedua pembalap berlanjut ke lintasan dengan hasil Rossi yang dengan sengaja menyenggol Marquez di lap ketujuh yang menyebabkan pembalap Repsol Honda tersebut terjatuh. Tidak hanya itu, Rossi juga merasa Marquez tidak berniat menyalip Lorenzo di seri terakhir di Valencia. Hal tersebut menyebabkan Rossi kehilangan gelar juara pada MotoGP 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here