Honda Freed Tetap Dipasaran di Indonesia Tahun 2016 Ini

IOTOMOTIF.com – Sebelumnya tersebar kabar bahwa Honda akan menghentikan produksi Honda Freed di Indonesia. Kabar tersebut ditampik oleh salah satu sumber internal Honda Prospect Motor (HPM). Dia mengatakan bahwa memang produksi Honda Freed terbatas karena permintaan yang menurun, namun produksi mobil MPV tersebut terus berjalan dan setidaknya berlangsung hingga tahun ini.

Honda Freed MPV hadir di Indonesia sejak tahun 2009. Tren penurunan penjualan mobil ini terjadi mulai tahun 2014. Tahun tersebut, Freed terjual hanya 6.517 unit, turun drastis dari tahun sebelumnya, 2013 yang terjual sebanyak 18.595 unit. Pada tahun 2015 yang lalu juga mengalami penurunan penjualan, selama 11 bulan, terjual hanya 3.218 unit.

Sumber menjelaskan bahwa produksi saat ini untuk menjaga kuota stok. Pengurangan produksi sudah dilakukan sejak tahun 2014, Freed dipaksa mengalah untuk model lain.

Indonesia sendiri merupakan negara kedua yang memproduksi Freed setelah Jepang. Produksi dilakukan di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Indonesia merupakan basis produksi untuk pemasaran kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Namun satu-satunya negara yang masih menjual Honda Freed hanyalah Thailand.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here