Toyota Etios Valco Dikabarkan Akan Dihentikan 2016

IOTOMOTIF.com – Mobil sub kompak segmen A dari Toyota, Etios Valco pertama kali hadir di Indonesia pad tahun 2013. Kala itu penjualan mobil ini cukup memuaskan, bahkan melebihi ekspektasi awal, namun 2 tahun dipasarkan, Toyota dikabarkan berencana menghentikan produksi sekaligus pemasaran mobil tersebut mulai 2016.

Meskipun tidak ada konfirmasi dari pihak Toyota Indonesia, namun keadaan saat ini mengindikasikan hal tersebut. Dari informasi yang ada dari salah satu pramuniaga diler Auto2000 di Jakarta, stok Etios Valco sudah tidak banyak. Bahkan konsumen yang ingin membeli harus menunggu sekitar 1 bulan lebih untuk mendapatkannya.

“Pembelinya memang sedikit berkurang, sekalinya ada stoknya yang tidak banyak sehingga harus menunggu cukup lama. Tetapi, tergantung warna dan tipe yang dibelinya,” ujar sumber.

Dari sumber lain, juga diketahui bahwa diler Toyota lainnya juga memiliki ketersediaan unit yang terbatas. “Pembelinya tidak banyak lagi, karena menurut konsumen mending membeli Avanza, karena harganya tidak beda jauh dengan Avanza tipe terendah. Unitnya sudah sedikit, jadi indennya lama bisa satu bulan lebih,” kata salah satu tenaga penjual.

Memang mobil ini tidak memiliki penjualan yang bagus akhir-akhir ini. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Etios Valco periode Januari-November 2015 mencapai angka 5.137 unit. Rata-rata penjualan sebanyak 400-an unit perbulan, bahkan di bulan Juni, Juli dan Agustus sempat anjlok ke angka 100-an unit. Pada bulan Maret penjualan cukup bagus hampir menyentuh angka 1.000 unit, tepatnya 924 unit, namun pada tiga bulan terakhir mulai September hanya sebanyak 392 unit, Oktober 500 unit, dan November 579 unit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here