Home » News » Nasional » Tata Motors Belum Tertarik Siapkan Pesaing Toyota Avanza
Nasional

Tata Motors Belum Tertarik Siapkan Pesaing Toyota Avanza

Toyota Grand New Avanza 2016

IOTOMOTIF.com – Tata Motors sudah hadir di Indonesia kurang lebih 2 tahun. Selama hadir di pasar otomotif Tanah Air, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) lebih fokus bersaing di segmen kendaraan komersial ketimbang pada segmen kendaraan penumpang (passenger).

Manoj Arora selaku Marketing Advisor TMDI mengatakan bahwa kendaraan komersial Tata mudah diterima masyarakat di Indonesia, namun bukan berarti mereka kesulitan untuk menjual mobi penumpang. Model seperti Tata Manza, Vista, Aria, dan Safari Storme tetap laku dibeli, namun tidak setinggi pembelian mobil komersial.

“Kita sampai tahun depan akan fokus 100 persen di kendaraan komersial. Tetapi tidak menutup kemungkinan di tahun berikutnya akan ada produk baru disegmen kendaraan penumpang, mengingat target kita sampai 2019 masuk 10 besar di Indonesia,” ujar Manoj.

Manoj juga mengatakan bahwa mereka menargetkan untuk masuk ke dalam 10 besar pasar otomotif di Tanah Air pada 2019. Dan ketika ditanya mengenai apakah mereka tidak tertarik untuk menghadirkan mobil di segmen multi guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/LMPV) seperti Avanza, Xenia, dan Mobilio sebagai pasar terbesar di Indonesia, dia hanya menjawab bahwa mereka masih fokus pada pasar mobil komersial dulu.

“Sekarang kami sama sekali tidak memiliki rencana ke atas itu (LMPV). Kita fokus di kendaraan komersial dulu, tetapi mungkin saja sampai 2019 kita memiliki produk tersebut,” ujar Manoj.

Pada segmen LMPV dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-November 2015, diketahui sudah terjual sebanyak 242.982 unit. Dengan Toyota Avanza masih menjadi terlaris dengan penjualan lebih dari separuh, 125.506 unit, Daihtasu Xenia 33.440 unit, dan Honda Mobilio 23.913 unit.









Get a weekly email with best free content
Subscribe